Jum'at, 26 April 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 23 Desember 2021 | 10:55 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Begini beberapa cara mendapatkan uang dari internet yang bisa kamu lakukan untuk menghasilkan uang tambahan. Untuk memenuhi kebutuhan hidup, segala cara pasti dilakukan sehingga bisa menghasilkan pendapatan yang lebih.

Kamu pasti mau kan mendapatkan uang tanpa harus keluar rumah? Di zaman teknologi yang semakin canggih seperti sekarang ini, semua hal bisa dilakukan dengan memanfaatkan jaringan internet.

Mulai dari kemudahan dalam mengakses informasi, sebagai media hiburan, berbelanja online, memesan makanan, mencari lowongan pekerjaan, hingga menghasilkan pendapatan tambahan.

Kini internet merupakan sarana yang paling banyak dipilih untuk mendapatkan uang karena hanya dengan bermodalkan koneksi internet dan tentu saja persiapan yang matang maka kamu bisa mendapatkan uang dengan mudah.

Nah, bagi kamu yang ingin memiliki penghasilan dengan memanfaatkan internet. Berikut ini cara mendapatkan uang dari internet yang bisa kamu coba:

1. Membuka Toko Online

Ilustrasi Toko Online. (Pixabay/JurnalMin)

Apabila kamu memiliki produk-produk yang berkualitas untuk dijual maka membuka toko online bisa menjadi cara mendapatkan uang dari internet yang cocok untuk kamu lakukan.

Seperti yang kita ketahui, saat ini semakin banyak orang yang lebih senang berbelanja melalui smartphone mereka tanpa perlu repot-repot harus datang langsung ke tokonya.

Melalui toko online ini kamu bisa menjual berbagai macam produk yang bisa terus melayani transaksi pembelian selama 24 jam.

Oleh karena itu apabila kamu bisa mengelola Toko online yang kamu miliki dengan baik maka kamu bisa menghasilkan keuntungan yang cukup lumayan.

Untuk cara mendapatkan uang dari internet dengan membuka toko online, maka kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Buat toko online kamu terlebih dahulu
  • Upload produk-produk yang kamu jual lengkap dengan deskripsi produknya
  • Selanjutnya tentukan jenis pembayaran yang diterima di toko online kamu
  • Lalu pilih jasa pengiriman yang terpercaya untuk kamu gunakan saat mengirim produk yang kamu jual ke pembeli
  • Setelah selesai melakukan pengaturan pada toko online kamu, maka kamu sudah siap untuk menjual produk-produk secara online
  • Untuk meningkatkan penjualan, kamu bisa menawarkan promo-promo yang menarik pada toko online kamu. Selamat berjualan!

2. Menjual Foto

Ilustrasi fotografer. (unsplash/James Bold)

Bagi kamu yang hobby fotografi, maka tidak ada salah nya loh kalau kamu mencoba cara mendapatkan uang dari internet dengan menjual foto hasil hunting kamu lewat Microstock.

Microstock merupakan salah satu platform industri penyedia foto dimana kamu bisa menjual hasil desain, foto, dan video dengan menggunakan sistem royalti.

Cara mendapatkan uang dari internet dengan menjual hasil foto kamu di internet melalui Microstock, bisa kamu lakukan dengan mengikuti langkah berikut ini:

  • Daftar menjadi kontributor di Microstock. Kontributor adalah orang yang mengirimkan hasil karyanya baik itu berupa desain grafis, foto, atau video ke agensi microstock dan nantinya akan mendapatkan komisi berupa royalti
  • Setelah kamu mendaftar sebagai kontributor, Agensi microstock akan meminta kamu untuk mengirimkan beberapa hasil karya kamu bisa berupa desain grafis, foto atau video untuk ditinjau apakah memenuhi syarat untuk menjadi kontributor
  • Apabila disetujui maka kamu bisa mulai mengupload foto yang kamu miliki untuk dijual
  • Setelah hasil foto kamu ditampilkan dalam situs agensi microstock, maka hasil foto kamu bisa langsung dibeli oleh peminat foto kamu
  • Setiap foto yang dibeli atau didownload oleh pengunjung website microstock, kamu akan mendapatkan komisi dari royalti

3. Menulis Blog

Ilustrasi Blogging. (Pixabay)

Kamu hobby menulis? Bagaimana kalau hobby menulis itu kamu salurkan untuk melakukan cara mendapatkan uang dari internet dengan membuat blog.

Kamu bisa bebas menulis apapun pada blog yang kamu buat, mulai dari mereview produk, berbagi tutorial, cerita perjalanan, dan lain-lain.

Untuk cara mendapatkan uang dari internet dengan mulai menulis blog bisa kamu lakukan dengan langkah berikut:

  • Buat blog dengan berlangganan hosting karena apabila kamu menggunakan blog gratis maka akan memiliki beberapa kelemahan untuk mendapatkan uang dari internet. Misalnya hampir semua platform blog gratis melarang kamu memasang iklan dan platform blog bisa saja menghapus blog kamu jika dianggap melanggar jadi kamu tidak memiliki kendali penuh atas blog tersebut
  • Jika kamu sudah membuat blog, lanjutkan dengan pembuatan konten yang bisa menarik pengunjung untuk meningkatkan trafik
  • Aktiflah bekerjasama dengan banyak pihak untuk meningkatkan link
  • Pelajari SEO agar lebih cepat mendapatkan pengunjung
  • Bergabung dengan Google Adsense untuk memasang iklan pada blog kamu jadi saat pengunjung blog kamu mengklik iklan tersebut, maka kamu akan mendapatkan penghasilan tambahan
  • Tempatkan banner iklan afiliasi di blog kamu untuk mendapatkan komisi setiap kali pengunjung mengklik link tersebut
  • Bekerja sama dengan pihak lain untuk mengulas suatu produk di blog

Itulah beberapa cara mendapatkan uang dari internet yang bisa kamu coba, namun perlu diingat ya semua cara diatas tidak ada yang instan karena dibutuhkan ketekunan dan kesabaran dalam menjalankannya. Tetap semangat untuk mendapatkan uang dari internet ya!

Kontributor: Jeffry francisco

BACA SELANJUTNYA

Tips Memilih Internet Service Provider, Simak Rambu-rambunya