Senin, 29 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Rabu, 29 Desember 2021 | 20:02 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Para pejuang di Tanah Air dikenal memiliki kegigihan tinggi saat mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Sebuah foto jadul yang menampakkan plang tulisan di tahun 1947 ini berhasil menarik perhatian netizen.

Akun fanspage Instagram @potolawas membagikan postingan mengenai sebuah foto pada salah satu jalan di Surabaya.

"Patroli tentara Belanda di sepanjang jalan dan rel kereta api dengan plang bertuliskan 'Blanda Kalap Kita Tetap Sedia', Surabaya, sekitar Februari 1947," tulis @potolawas pada caption-nya.

Akun fanspage @potolawas ini membagikan foto yang tersimpan di arsip online Nationaal Archief Belanda. Kita bisa melihat jalanan yang begitu lengang di dekat rel. Hanya ada beberapa orang tentara dan sebuah mobil yang terparkir di pinggir jalan.

Tulisan di plang pinggir jalan tersebut kemungkinan besar merupakan kalimat pendongkrak semangat para pejuang Indonesia.

Plang tulisan tahun 1947 ini menarik perhatian netizen. (Instagram/ potolawas bersumber Nationaal Archief)

Kalimat ini mengandung arti bahwa meski Belanda kalap (lupa diri, amarah meluap-luap) namun para pejuang tetap sedia menghadapi mereka.

Laman Nationaal Archief memang menyimpan banyak sekali foto jadul saat Belanda menguasai Indonesia. Terdapat pula koleksi foto setelah Indonesia mencapai kemerdekaan. Namun mereka harus bertahan saat Belanda melakukan Agresi Militer di tahun 1947.

Jika sesuai dengan penanggalan, foto tersebut diambil sebelum Agresi Militer Belanda I. Deretan foto lawas yang tersimpan Nationaal Archief dan UWM Libraries memang menampakkan tentara Belanda yang masih berkeliaran di Indonesia setelah 1945.

Plang tulisan tahun 1947 ini menarik perhatian netizen. (Instagram/ potolawas bersumber Nationaal Archief)

Banyak netizen yang memuji kegigihan para pejuang yang tersirat dari plang tulisan tersebut. Postingan foto jadul mengenai plang tulisan di tahun 1947 ini menarik perhatian setelah memperoleh 8.500 tanda suka dan puluhan komentar dari netizen.

"Tipografi orang zaman dulu keren, rapi, readability dan legibility-nya dipikirin," pendapat @m**a**.

"Kebayang tentara Belanda marah pas baca," komentar @re**_*n*_te*.

"Yang menarik dari foto ini huruf N & T lurus tegak dengan tiang," balas @trin**ia*t**bim**yu.

"Mantap, kita tetap sedia melawan tentara Belanda," tulis @dra**_he**fi. Itulah tadi foto jadul plang tulisan di tahun 1947 yang menarik perhatian netizen, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Rendy Kjaernett Bilang Ia Mencintai Orang yang Tepat di Waktu yang Salah, Langsung Diceramahi Netizen