Jum'at, 19 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Minggu, 02 Januari 2022 | 11:22 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Tak hanya di zaman modern, sepak bola merupakan salah satu olahraga yang memiliki banyak penggemar pada puluhan tahun lalu. Sebuah foto jadul mengenai penampakan timnas di tahun 1930-an ini sukses menarik perhatian netizen.

Akun fanspage Instagram @potolawasofficial membagikan foto jadul mengenai kesebelasan Hindia-Belanda (Indonesia) saat akan bertanding dengan kesebelasan Belanda.

Dua orang yang ada di bagian paling depan merupakan kapten masing-masing kesebelasan. Sosok orang berkacamata dengan gaya rambut cukup rapi merupakan kapten timnas Hindia-Belanda (Indonesia).

"Achmad Nawir, kapten kesebelasan Hindia-Belanda (Indonesia) dan Puck van Heel, kapten kesebelasan Belanda. Keduanya bersama-sama membawa bola saat kedua tim memasuki lapangan untuk pertandingan persahabatan di Amsterdam, Belanda, sekitar tahun 1938," tulis @potolawasofficial.

Foto ini diketahui tersimpan di Javapost.nl dan arsip online Nationaal Archief Belanda. Dikutip dari Wikipedia bersumber Wayback Machine, Achmad Nawir merupakan salah satu dari sedikit pemain yang memakai kacamata di Piala Dunia saat itu.

Foto jadul kesebelasan Hindia Belanda vs Belanda di tahun 1930-an. (Instagram/ potolawasofficial)

Nawir pernah menjadi kapten timnas Hindia Belanda pada Piala Dunia 1938, di mana mereka tersingkir setelah mengalami kekalahan 0 vs 6 dari Hongaria. Ia adalah seorang dokter dan pernah bermain untuk klub lokal HBS Soerabaja.

Timnas Hindia Belanda kala itu tercatat melakoni dua pertandingan internasional yaitu melawan Hongaria dan Belanda. Saat pertandingan persahabatan melawan Belanda setelah Piala Dunia, timnas Hindia Belanda mengalami kekalahan 2 vs 9.

Postingan foto jadul mengenai mengenai timnas Hindia Belanda di tahun 1930-an ini menarik perhatian setelah memperoleh lebih dari 5 ribu tanda suka dan puluhan komentar dari netizen. Tak sedikit netizen menyoroti gaya rambut dan penampilan sang kapten yang berkacamata.

Kita pernah melihat pesepak bola bergaya rambut klimis dengan tatanan rapi pada beberapa foto jadul yang beredar dari 1910 hingga 1940-an.

Eks pemain Timnas Indonesia, Achmad Nawir yang dijuluki Edgar Davids-nya Indonesia. (Instagram/ officialpssi)

Bahkan beberapa di antaranya memiliki potongan rambut keren yang tak kalah dengan gaya zaman now. Foto jadul kesebelasan Hindia Belanda vs Belanda ini memancing beragam komentar dari netizen.

"Mirip para cendikiawan vs atlet bola," kata @m**n*r7*.

"Gaya rambutnya sudah kekinian (emoticon terkejut)," puji @al**ram*_d**lan*n.

Foto jadul klub lokal Batavia 1918. Para pemain memiliki gaya rambut keren. (NGA via Instagram/ potolawas)

"Pemain bola dulu boleh pakai kaca mata ya, ribet nggak sih ya?" balas @a**tew*g.

"Bukannya Indonesia dijajah sama Belanda? Kenapa pertandingan persahabatan? Emangnya bersahabat? Harusnya pertandingan serius mati-matian, kan musuh, bukan sahabat," pendapat @ge**_ad**n.

Itulah tadi foto jadul timnas Hindia Belanda vs Belanda di tahun 1930-an yang berhasil menarik perhatian netizen, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Netizen Tuding Dirinya Terkena Star Syndrome, Begini Respons Inara Rusli