Jum'at, 29 Maret 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Senin, 03 Januari 2022 | 07:25 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Foto jadul bisa menjadi saksi mengenai model atau gaya yang tengah tren puluhan tahun lalu. Sebuah foto mengenai gadis Indo-Eropa di tahun 1920-an ini sukses bikin netizen salfok.

Akun fanspage @potolawasofficial membagikan foto jadul mengenai sekelompok gadis yang berfoto di bawah pohon beringin.

"Groep Indo-Europese meisjes onder een waringin in Nederlands-Indie. (Sekelompok gadis Indo-Eropa di bawah beringin pada Hindia Belanda)," tulis @potolawasofficial berdasarkan deskripsi keterangannya.

Foto jadul tersebut merupakan salah satu arsip online yang tersimpan di Leiden University Libraries. Kita bisa melihat terdapat setidaknya 10 orang gadis yang berpose di depan kamera.

Mereka nampak tersenyum dan memberikan pose terbaik saat terekam kamera. Sebagian di antara mereka memiliki rambut pirang dan beberapa lainnya mempunyai rambut hitam panjang.

Foto jadul gadis Indo-Eropa di tahun 1920-an ini bikin netizen salfok. (Instagram/ @potolawasofficial)

Gadis paling atas nampak mengenakan hiasan di bagian kepala. Dari beberapa foto jadul yang pernah beredar di kisaran 1910 hingga 1940-an, banyak wanita Indo-Eropa atau blasteran yang berfoto dengan menggunakan hiasan di bagian kepala.

Beberapa foto menampakkan bahwa para perempuan dewasa menyukai aksesori di bagian kepala saat berpose, termasuk menyertakan topi, pita besar, hingga bunga. Foto di bawah pohon beringin ini justru menampakkan gadis berusia remaja dengan dandanan cukup sederhana.

Pada foto jadul yang beredar sebelumnya, kita bisa melihat bahwa arsip Leiden University Library memperlihatkan wanita-wanita di kalangan bangsawan.

Foto jadul gadis Indo-Eropa di tahun 1920-an ini bikin netizen salfok. (Instagram/ @potolawasofficial)

Masih belum diketahui terkait identitas para gadis di dalam foto, namun mereka kemungkinan termasuk dalam lingkungan keluarga elit.

Melalui situs perpustakaan online Leiden University, foto yang tersimpan sebagian besar memperlihatkan orang-orang keturunan Indo-Eropa, petinggi KNIL, dan bangsawan Belanda.

Foto jadul mengenai gadis Indo-Eropa berhasil menarik perhatian setelah memperoleh lebih dari 9.200 tanda suka dan ratusan komentar dari netizen. Tak sedikit dari netizen merasakan kesan "horor" setelah melihat para gadis berambut panjang dengan baju putih yang berpose di bawah pohon beringin.

Foto jadul wanita Indo-Eropa ini menarik perhatian netizen. (Leiden University via Instagram @potolawas)

"Bayangin mereka masih ngumpul dengan formasi begini sekarang (emoticon merinding)," kata @i**_yu**aa.

"Kok horor ya?" komentar @na**tav*.

"Miris isi komentarnya. Netizen selalu mengkaitkan dengan mistis, kita lihat dari sisi seni dan keindahannya dong," pendapat @dw**iswa**i91.

"Yang paling kiri neneknya Taylor Swift," canda @jan**hannis**23.

"Sekarang saya paham dari mana khayalan kuntilanak itu bermula," balas @ann**mal**20. Itulah tadi foto jadul gadis Indo-Eropa di tahun 1920-an yang bikin netizen salfok, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Viral Foto Rendy Kjaernett Makan Mi Bareng Wanita Misterius, Netizen: Jelas Si Syahnaz