Sabtu, 27 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Jum'at, 07 Januari 2022 | 07:37 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Generasi 90-an memiliki tontonan favorit yang pernah menemani mereka di kala anak-anak dan remaja. Sebuah foto mengenai salah satu aktor film Mandarin di tahun 1980-an sukses bikin netizen nostalgia.

Akun fanspage @tv90an membagikan foto lawas mengenai seorang pria yang memakai jubah berwarna kuning. "Kita memanggilnya guru," tulis @tv90an pada caption-nya. Generasi 80-an dan generasi 90-an kemungkinan besar cukup familiar dengan sosok tersebut.

Ia terkenal dengan berbagai macam senjata di tangan termasuk pedang, kertas pengendali vampir, hingga beras. Sosok di dalam foto merupakan Lam Ching-ying, seorang aktor yang popularitasnya melesat setelah membintangi film Mr. Vampire (1985).

Film tersebut pernah ditayangkan dan sempat populer di Indonesia pada tahun 1990-an. Sosok bernama Guru Tao atau Guru Gau ini juga dikenal sebagai aktor yang ahli dalam seni bela diri.

Dikutip dari Wikipedia, Lam memenangkan Hong Kong Film Award 1982 untuk kategori Best Action Direction, dalam film Prodigal Son.

Aktor film vampir yang terkenal di tahun 1980-an ini bikin netizen bernostalgia. (Instagram/ tv90an)

Karir Lam semakin bersinar setelah berperan sebagai tokoh utama di film Mr Vampire. Ia dinominasikan sebagai Best Actor karena aktingnya yang sangat bagus sebagai Guru Tao.

Terdapat beberapa seri film vampir yang pernah dibintanginya termasuk Mr Vampire (1985), Mr Vampire Part 2 (1986), Mr Vampire III (1987) dan Mr Vampire 1992.

Postingan mengenai aktor film Mandarin yang terkenal di periode 1980-an hingga 1990-an ini membuat netizen bernostalgia. Tak sedikit netizen yang mengenang bahwa aktor tersebut sangat sakti di film vampir.

Aktor film vampir yang terkenal di tahun 1980-an ini bikin netizen bernostalgia. (Instagram/ tv90an)

Ia hampir dipastikan memenangi pertarungan apabila mulai beraksi dengan berbagai senjata di tangannya. Postingan mengenai aktor film jadul di tahun 1980-an ini memancing beragam komentar dari netizen.

"Senjata andalannya kertas kuning sama pedang koin bulet bulet..wkwk," kata @ir**nf*d**i.

"Kalo dia muncul dulu ngerasa: wah, jagoannya udah datang, si dukun. Bentar lagi vampirnya kalah," balas @ars**din**egr*at.

Lam Ching-ying dalam film Mr Vampire. (HKCinemagic)

"Guru legend, vampir auto ketar-ketir kalau lihat pria ini," komentar @s**nro**mat.

"Pemburu vampir Mandarin. Dulu tahun 90-an suka banget nonton film vampir sekitar jam satu atau jam dua siang. Sampai bela-belain pulang sekolah (masih SMP) langsung ke rumah cuma buat nonton film vampir," kenang @he***maw**pa.

"SCTV, Indosiar, RCTI, please kembalikan tayangan Guru Gau. Bosan lihat siaran yang muncul FTV, dangdut dan ku menangis terus," tulis @r**by.n*w. Itulah tadi postingan aktor film jadul yang bikin netizen bernostalgia, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Viral Abizar Nyanyi Lagu dengan Suara Mirip Uje, Umi Pipik Doakan Ini