Kamis, 28 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Senin, 10 Januari 2022 | 18:50 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Ingin dimudahkan, gunakan cara membuat daftar isi otomatis di Microsoft Word berikut ini. Bisa update secara otomatis lho.

Jika kalian tengah mengerjakan tugas akhir skripsi atau mengerjakan dokumen-dokumen lainnya pasti kalian harus mencantumkan daftar isi.

Memang terdengar sangat melelahkan jika harus memasukkan daftar isi secara manual apalagi jika jumlahnya puluhan bahkan ratusan. Tak perlu khawatir, inilah cara membuat daftar isi otomatis di Microsoft Word.

Rupanya jika kalian bisa memanfaatkan fitur daftar isi otomatis di Microsoft Word ini salah satu keuntungannya adalah bisa melakukan update daftar isi secara otomatis setelah kalian menambahkan judul atau sub judul di batang tubuh dokumen.

Tentu akan membuat pekerjaan semakin efektif dan efisien dengan otomatisasi daftar isi melalui Microsoft Word.

Microsoft Word. (Microsoft)

Yuk kita simak ini dia cara membuat daftar isi otomatis di Microsoft Word:

  1. Bukalah file dokumen yang telah kalian buat sebelumnya
  2. Kemudian lakukan Heading untuk setiap judul dan sub judul
  3. Untuk melakukan heading kalian harus bersabar dan memerlukan waktu yang lebih ekstra dan teliti satu persatu secara manual sampai akhir halaman, blok lah setiap judul kemudian klik "Heading 1" yang ada di bar "Home" di atas dokumen
  4. Sedangkan untuk sub judul, blok subjudul lalu klik "Heading 2" yang ada di bar "Home" di atas dokumen
  5. Setelah selesai melakukan "Heading 1" dan  "Heading 2" langkah selanjutnya adalah melakukan "Modify" 
  6. Klik kanan pada kolom "Heading 1" kemudian pilihlah menu "Modify"
  7. Selanjutnya aturlah untuk "Formatting" seperti size dan font sesuai dengan kebutuhan kalian, lakukan hal yang sama untuk "Heading 2"
  8. Kemudian scroll kembali hingga menuju halaman 1 atau halaman paling atas untuk memasukkan halaman baru atau halaman kosong
  9. Pilihlah menu "Insert" > "Blank Page" maka secara otomatis akan muncul halaman kosong baru
  10. Kemudian ketiklah pada halaman kosong tersebut dengan "Daftar Isi" lalu klik enter 1 kali
  11. Selanjutnya masuklah pada menu "References" > "Table of Content" dan pilihlah menu "Automatic Table 1"
  12. Maka secara otomatis daftar isi akan muncul pada halaman kosong tersebut lengkap dengan penomorannya serta titik-titiknya
  13. Tidak menutup kemungkinan jika kalian melakukan revisi pada dokumen seperti penambahan judul maupun sub judul, lalu lakukan heading pada judul maupun subjudul baru kalian seperti sebelumnya
  14. Setelah itu kembali pada halaman "Daftar Isi" lalu di bagian paling atas kliklah menu "Update Table..." > "Update Entire Table" > "Oke" 
  15. Jika format penulisan masih default atau tidak sesuai dengan format isi dokumen kalian maka lakukan format ulang agar sesuai dengan isi dokumen seperti size dan font dengan cara klik icon "titik 3" yang ada di sebelah menu "Update table..."
  16. Lalu tentukan font dan size yang akan kalian gunakan, contoh Times New Roman dengan ukuran 11
  17. Yang terakhir simpanlah dokumen tersebut.

Nah, itulah cara membuat daftar isi otomatis di Microsoft Word yang bisa kalian coba agar pekerjaan kalian semakin efektif dan efisien. Bagaimana nih, apakah kalian tertarik untuk mencoba cara diatas?

Kontributor: Sofia Ainun Nisa

BACA SELANJUTNYA

Microsoft Word: Cara Membuat Nomor Halaman Otomatis dengan Mudah