Kamis, 25 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Senin, 10 Januari 2022 | 19:23 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Foto lawas dapat membuka kenangan lama dan bisa menjadi saksi bisu perubahan suatu tempat. Sebuah foto jadul mengenai suasana di Alun-alun Utara Yogyakarta pada tahun 1980-an ini sukses menarik perhatian netizen.

Akun fanspage Instagram @perfectlifeid membagikan foto yang menampakkan suasana di sekitar Alun-alun Yogyakarta.

"Potret nostalgia, suasana Alun-alun Utara Yogyakarta dan Keraton Yogyakarta di tahun 1980," tulis @perfectlifeid pada caption-nya.

Puluhan netizen ikut berkomentar dan merasa takjub dengan suasana di alun-alun tersebut. Tak sedikit yang memuji keasrian serta keindahan Alun-alun Utara Yogyakarta.

Foto pertama memperlihatkan dua pohon beringin besar yang masing-masing dikurung dengan pagar. Kedua pohon beringin di tengah alun-alun tersebut nampak dilewati oleh pengendara sepeda motor dan sebuah becak.

Foto jadul Alun-alun Yogya di tahun 1980-an ini menarik perhatian netizen. (Instagram/ perfectlifeid)

Seorang wanita berkacamata hitam terlihat tersenyum ketika sadar bahwa dirinya sedang terekam kamera. Belum diketahui jenis motornya, namun sekilas dari depan nampak mirip seperti Suzuki FR80.

Itu adalah kendaraan bermesin 80 cc, dua tak, berpendingin udara, dan silinder tunggal yang menggabungkan sistem pencampuran sendiri.

Pada beberapa foto jadul yang beredar, kita pernah melihat orang yang nampak bangga ketika berfoto di samping Suzuki FR80, seri Honda Super Cup 1970, hingga Vespa Sprint 1968.

Foto jadul Alun-alun Yogya di tahun 1980-an ini menarik perhatian netizen. (Instagram/ perfectlifeid)

Foto kedua menampakkan beberapa orang yang melintas di Alun-alun Utara Yogyakarta dengan menggunakan sepeda onthel.

Terdapat lebih dari sepuluh kambing yang berada pada salah satu sudut lapangan. Hewan-hewan itu nampak memakan rumput di sekitar alun-alun. Foto jadul Alun-alun Utara Yogyakarta di tahun 1980-an ini memancing beragam komentar dari netizen.

"Dulu indah, asri banget," kata @ri**ye_r*.

"Wah, itu motor FR80, mantap," balas @r**kyf*93.

"Enaknya suasana zaman dulu," pendapat @g**atri**nti.

"Dulu setiap hari berangkat atau pulang sekolah lewat depan pagelaran keraton. Sekolah cuma beberapa meter sebelah timur keraton dengan halaman Alun-alun Utara. Sekarang bayangin ngggak ada yang pulang jalan kaki lewat situ semenjak alun-alun dipagar, jadi harus memutar dulu," kenang @rav**hodes**a7*2.

"Jogja memang kota yang istimewa," komentar @ha**s_ha**d. Itulah tadi foto jadul Alun-alun Yogyakarta di tahun 1980-an yang menarik perhatian netizen, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Viral Pasutri Curi 5 Ponsel Milik Pengunjung PRJ, Endingnya Ketahuan dan Ditangkap Polisi