Jum'at, 26 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Rabu, 12 Januari 2022 | 18:52 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Foto jadul dan artikel berita lawas bisa menjadi saksi bisu mengenai harga barang pada puluhan tahun yang lalu. Daftar harga BBM di tahun 1980-an ini sukses menarik perhatian netizen.

Akun fanspage Instagram @tv.jadul membagikan foto artikel berita lawas yang terbit pada Januari 1983. "Cukup mahal," tulis @tv.jadul pada caption-nya. Daftar harga BBM (Bahan Bakar Minyak) ini berdasarkan Keputusan Presiden No. 1/Tahun 1983.

Melalui artikel di surat kabar 1980-an, pemerintah saat itu mengharapkan pengertian seluruh lapisan masyarakat atas keputusan berat yang harus diambil.

"Menteri Pertambangan dan Energi Prof. Dr. Subroto melalui TVRI semalam mengumumkan kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Kenaikan itu mulai berlaku tanggal 7 Januari 1983 jam 00.00," bunyi keterangan di dalam artikel.

Harga bensin premium dibanderol Rp 320, sementara bensin super dapat dibeli dengan harga Rp 400. Minyak tanah yang saat itu digunakan sebagai bahan bakar di rumah tangga untuk memasak dan penerangan dibanderol sebesar Rp 100 hingga Rp 125.

Daftar harga BBM di tahun 1983 ini menarik perhatian netizen. (Instagram/ tv.jadul)

Setelah ditelusuri, daftar harga yang tercantum di artikel berita lawas itu cocok dengan harga jual eceran BBM di dalam Keputusan Presiden (Keppres) nomor 1 tahun 1983.

Harga bensin premium saat itu memang dijual dengan banderol Rp 300-an. Sebelum ini, kita juga pernah melihat daftar harga bahan makanan pokok di tahun 1980. Salah satu yang menjadi pembahasan adalah harga gula menyentuh sekitar Rp 310 - Rp 320 per kilogram di pasar.

Kita bisa melihat bahwa harga beras saat itu berkisar antara Rp 230 hingga Rp 340 per kilogram. Jenis beras termurah adalah Pelita dan Siam Super. Sementara jenis termahal merupakan beras Cianjur. Daftar harga BBM di tahun 1983 ini memancing beragam komentar dari netizen.

Keputusan Presiden (KEPPRES) nomor 1 tahun 1983. (peraturan.bpk.go.id)

"Ingin balik di masa itu, tapi gaji di tahun ini (emoticon cinta)," kata @ga**hmar**wo.

"Dulu BBM murah tapi nggak sanggup beli motor. Sekarang terbalik, sanggup beli motor tapi beli BBM mengeluh. Kalau nggak sanggup beli BBM ya jangan naik motor tapi naik angkot saja," pendapat @vhi**y.al**my.

"Lebih baik sekarang, Pertalite Rp 7.500 tapi UMR Rp 2 jutaan. Dulu bensin 100 tapi gaji Rp 10 ribu," balas @f**ih_am**llah.

"Naik 500 perak demo berminggu minggu. Sekarang premium hilang digantikan Pertamax yang paling hemat diam diam saja," kritik @r**_de**_day.

"Dulu beli motor Honda Prima baru berasa sultan," komentar @m**boy**tia. Itulah tadi postingan mengenai daftar harga BBM di tahun 1980-an yang menarik perhatian netizen, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Viral Foto Rendy Kjaernett Makan Mi Bareng Wanita Misterius, Netizen: Jelas Si Syahnaz