Jum'at, 26 April 2024
Agung Pratnyawan : Jum'at, 14 Januari 2022 | 17:53 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Berikut ini adalah lima judul anime seru yang bercerita tentang sejarah Jepang. Sambil nonton, sambil belajar. Cek apa saja rekomendasi anime tentang sejarah Jepang.

Jepang memang negara unik. Mereka bahkan bisa sukses menyematkan sejarah di dalam sebuah film anime yang bisa dinikmati oleh pecintanya.

Anime yang bercerita tentang sejarah Jepang, bisanya memang benar-benar terjadi. Menang, cerita-cerita ini mungkin menampilkan unsur supernatural atau fantasi.

Tetapi daya tarik utama mereka adalah fakta bahwa film ini didasarkan pada peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau.

Jika kamu penasaran dengan lima rekomendasi anime tentang sejarah Jepang, maka tim Hitekno.com sudah punya daftarnya.

  1. Golden Kamuy
  2. Grave Of The Fireflies
  3. Rainbow
  4. The Wind Rises
  5. The Heike Story

Setelah mengetahui daftar tersebut, tim Hitekno.com juga akan memberikan sedikit rangkuman dari sinopsis anime-anime seru yang bercerita tentang sejarah Jepang di atas.

1. Golden Kamuy

Anime Golden Kamuy. (IMDB)

Golden Kamuy berlatar setelah perang Rusia-Jepang yang terjadi pada awal abad ke-20, karakter utamanya bernama Saichi yang merupakan seorang veteran.

Anime ini adalah sebuah kisah petualangan yang mampu menampilkan perjuangan yang dihadapi orang-orang Hokkaido setelah perang, terutama orang-orang Ainu.

Kisah dimulai saat  Saichi Sugimoto mempelajari kisah emas Ainu, yang hanya dapat ditemukan dengan mengikuti peta tato pada narapidana yang melarikan diri. 

Dengan meminta bantuan seorang gadis Ainu bernama Asirpa, mereka berdua berangkat untuk menemukan harta karun yang sulit dipahami ini.

2. Grave Of The Fireflies

Grave Of The Fireflies. (IMDB)

Film ini dianimasikan oleh Studio Ghibli, film ini berdasarkan cerita pendek yang ditulis oleh Akiyuki Nosaka. 

Grave Of The Fireflies menggambarkan perjuangan dua anak kecil saat mereka berjuang untuk bertahan hidup ketika kota mereka dihancurkan oleh pertempuran selama Perang Dunia II.

Grave of the Fireflies adalah kisah yang sangat menghantui dan tragis yang menggambarkan kengerian hidup di masa perang Jepang .

Film ini bahkan dianggap sebagai salah satu film perang terbesar sepanjang masa, dan penggambaran suram perjuangan putus asa anak-anak untuk bertahan hidup yang tak terlupakan.

3. Rainbow

Rainbow: Nishakubou no shichinin. (IMDB)

Judulnya terdengar sangat positif, namun sejatinya ini adalah kisah suram. 

Rainbow mengisahkan perjalanan anak nakal junior Jepang, yang semuanya dikirim ke sekolah reformasi untuk berbagai kejahatan.

Di  sana, mereka dihadapkan oleh anggota staf yang kasar dan perlakuan kejam yang dimaksudkan untuk mematahkan semangat mereka.

4. The Wind Rises

The Wind Rises. (IMDB)

Film ini terinspirasi dari cerita kehidupan Jiro Horikoshi. Meskipun sutradara mengemasnya dengan beberapa detail yang menarik.

Ini adalah salah satu film yang sangat muram yang terjadi pada periode berjalan hingga Perang Dunia II.

Jiro Horikoshi menyukai pesawat, tetapi dia tidak bisa menjadi pilot karena penglihatannya yang buruk. 

Karena tidak ada cara lain untuk terlibat dengan hasratnya, ia memutuskan untuk menjadi perancang pesawat terbang dan sebagai gantinya membangun pesawat. 

Saat ia tumbuh dan mulai membangun pesawat, ia mengalami kesuksesan, romansa, dan tragedi.

5. The Heike Story

The Heike Story. (IMDB)

The Heike Story adalah penceritaan kembali dari kisah klasik di Jepang bernama Tale of the Heike.

Cerita ini mendokumentasikan konflik legendaris antara klan Taira dan Minamoto yang terjadi pada akhir abad ke-12.

Kamu akan disuguhi dengan gaya seni klasik yang membangkitkan seni tradisional Jepang, dan musiknya memberikan suasana yang menenangkan.

Itulah lima rekomendasi anime yang bercerita tentang sejarah Jepang.

Kontributor: Damai Lestari

BACA SELANJUTNYA

One Piece: Mengapa Eiichiro Oda Mengambil Cuti selama Sebulan?