Kamis, 25 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Minggu, 16 Januari 2022 | 14:34 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Iklan jadul dapat memperlihatkan barang atau kendaraan apa saja yang pernah dianggap mewah puluhan tahun lalu. Sebuah iklan motor jadul di tahun 1955 ini sukses bikin netizen salfok.

Akun Facebook resmi Perpustakaan Nasional RI membagikan iklan yang pernah dimuat pada salah satu surat kabar lawas. Iklan ini rupanya terbit pada Desember 1955.

"Merek motor 'Triumph' asal Inggris," tulis akun Perpustakaan Nasional pada caption-nya. Gambar yang diunggah merupakan bagian dari Koleksi Surat Kabar Langka, Perpustakaan Nasional RI (SKALA-Team).

Netizen dibuat salfok dengan deretan harga yang termuat dalam iklan jadul tersebut. Mengingat iklan dimuat pada Desember 1955, produsen turut memberi kalimat promosi bahwa motor ini cocok dibeli untuk mengawali tahun 1956.

"Para penggemar sepeda motor, mulailah Tahun Baru dengan sesuatu jang baik. A pleasure to own, a pleasure to ride. Triumph. The Best Motorcycle in the world. (Sebuah kepuasan untuk memiliki, sebuah kepuasan untuk mengendarai. Triumph. Motor terbaik di dunia)," bunyi keterangan di dalam iklan jadul.

Iklan motor jadul di tahun 1950-an ini menarik perhatian netizen. (Facebook/ Perpustakaan Nasional)

Iklan turut mencantumkan bahwa pembeli dapat menghubungi dealer bernama "Oriental Trading Coy" di daerah Bandung dan Jakarta.

Harga motor termurah dibanderol sebesar Rp 12.500 untuk model Terrier (150 cc). Beberapa model yang ditawarkan termasuk Tiger Cub, Speed Twin, Thunderbird, Tiger 100, dan Tiger 110.

Model tertinggi merupakan Triumph Tiger 110 dengan mesin 650 cc. Motor gede atau moge dengan kapasitas mesin 650 cc nampak dibanderol dengan harga mulai dari Rp 23 ribu.

Postingan iklan motor jadul ini berhasil menarik perhatian setelah dibagikan puluhan kali oleh netizen. Sebagian netizen menyoroti harga dan nama dealer pada iklan yang dianggap cukup keren. Unggahan iklan jadul tersebut memancing beragam komentar dari netizen.

Iklan motor jadul di tahun 1950-an ini menarik perhatian netizen. (Facebook/ Perpustakaan Nasional)

"Trading Coy kalau sekarang adalah ungkapan buat ngajak main saham wkwkwk," kata Ud**ov Bo**kov.

"Hebat banget. Motor elit dan bandel sekali," balas A** K**a.

"Saya punya Rp 50 ribu bisa dapat moge (emoticon tertawa)," komentar Ac*p.

"Harganya mantap (emoticon tersenyum)," tulis Alv**n**ah.

"Nama dealer motor gaul banget kala itu. Trading motor coy," pendapat E**n H**id. Itulah tadi iklan motor jadul di tahun 1955 yang menarik perhatian netizen, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Ummi Pipik Masih Pakai Cadar Meski Jadi BA, Netizen Sentil Inara Rusli