Kamis, 25 April 2024
Agung Pratnyawan : Minggu, 16 Januari 2022 | 14:58 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Apakau kamu tahu siapa tokoh asal Indonesia yang muncul di Google Doodle hari ini? Sandiah Ibu Kasur diperingati ulang tahunnya oleh mesin pencari ini.

Sandiah atau lebih dikenal sebgai Ibu Kasur tampil di halaman depan Google dalam bentuk gambar Google Doodle pada hari ini, Minggu (16/1/2022).

Siapakah sosok Sandiah Ibu Kasur yang tampil di Google Doodle Hari Ini?

Jika membuka laman utama Google, Ibu Kasur ditampilkan dalam bentuk lukisan berlatar belakang pemandangan gunung dan anak-anak yang bermain. Jika kursor diarahkan ke gambar sebelum diklik, maka Google menampilkan keterangan "Ulang Tahun ke-96 Sandiah Ibu Kasur".

Mengutip Wikipedia, Minggu (16/1/2022), Ibu Kasur sendiri memiliki nama asli Sandiah dan lahir pada 16 Januari 1926. Ibu Kasur adalah seorang seniman dan tokoh pendidikan Indonesia.

Google Doodle Ibu Kasur (youtube.com/Doodle Catalog)

Sandiah mendapatkan julukan Ibu Kasur dari suaminya, Soerjono, yang dipanggil Pak Kasur. Nama Kasur berasal dari Kak Soer, panggilan Soerjono sewaktu muda.

Sandiah dan suaminya bertemu karena keduanya sama-sama anggota Kepanduan Indonesia. Mereka menikah di Yogyakarta pada 29 Juli 1946.

Bersama Pak Kasur pula, ia menjadi pembawa acara Taman Indria di TVRI dan juga pendiri TK Mini di Jakarta. Ketika televisi swasta muncul pada awal 1990-an, Ibu Kasur tampil dalam acara kuis Hip Hip Ceria di RCTI.

Beberapa lulusan TK Mini yang terkenal adalah mantan presiden Megawati Soekarnoputri, Guruh Soekarnoputra, Hayono Isman dan Ateng. TK ini didirikan pada 1965.

Selain bekerja sebagai pendidik dan pemerhati anak-anak, Ibu Kasur juga dikenal sebagai pencipta lagu anak-anak. Karya Ibu Kasur antara lain berjudul Kucingku, Bertepuk Tangan, dan Main Sembunyi.

Ibu Kasur turut sering menjadi pembicara seminar-seminar yang berhubungan dengan dunia anak. Ia pernah memimpin Yayasan Setia Balita yang memiliki lima buah taman kanak-kanak di Jakarta.

Ia Kasur juga sempat menjadi pengasuh sebuah rubrik di majalah anak-anak Bocil. Berbagai penghargaan termasuk dari dunia internasional pernah diterimanya, sebut saja Bintang Budaya Parama Dharma dan predikat pembawa acara anak-anak legendaris dari sebuah stasiun televisi.

Itulah sosok Sandiah Ibu Kasur, tokoh pendidikan Indonesia yang dirayakan ulang tahunnya oleh Google Doodle. (Suara.com/ Dicky Prastya).

BACA SELANJUTNYA

Fakta Menarik Google Doodle Hari Ini, Ada Sosok "Robin Hood" Indonesia