Jum'at, 19 April 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 18 Januari 2022 | 16:06 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - IBM mengumumkan kalau LG Electronics telah beragbung dengan IBM Quantum Network dalam rangka memajukan aplikasi industri Quantum Computing atau sering disebut komputasi kuantum.

Dengan bergabung dalam IBM Quantum Network, makan LG Electronics akan mendapatkan akses ke sistem kuantum IBM, serta akses ke keahlian kuantum IBM dan Qiskit, yaitu kit pengembangan perangkat lunak informasi kuantum sumber terbuka IBM.

LG Electronics mengemban misi untuk mengeksplorasi aplikasi komputasi kuantum di industri guna mendukung big data, artificial intelligence, connected cars, transformasi digital, IoT, dan robotics applications– yang semuanya memerlukan pemrosesan data dalam jumlah besar.

Dengan IBM Quantum, LG bisa memanfaatkan kecanggihan serta aplikasi perangkat keras dan perangkat lunak komputasi kuantum seiring langkah mereka untuk bangkit, sesuai dengan roadmap kuantumIBM.

Dengan memanfaatkan teknologi IBM Quantum, LG akan memberikan pelatihan tenaga kerja kepada karyawannya, sehingga memungkinkan LG mendalami bagaimana terobosan-terobosan potensial dapat diterapkan pada industrinya.

"Berdasarkan strategi inovasi terbuka yang kami miliki, kami berencana menggunakan IBM Quantum untuk mengembangkan kompetensi kami dalam komputasi kuantum," ucap Byoung-Hoon Kim, CTO dan Wakil Presiden Eksekutif LG Electronics.

"Kami mengemban misi untuk memberi pelanggan nilai yang belum pernah mereka rasakan sejauh ini dengan memanfaatkan teknologi komputasi kuantum pada bisnis masa depan." lanjutnya.

"Dengan senang hati kami menyambut LG Electronics dalam ekosistem komputasi kuantum yang sedang berkembang di Korea pada momen penuh peluang untuk wilayah ini," kata Jay Gambetta, IBM Fellow dan VP, Quantum Computing di IBM.

"Dengan terjalinnya hubungan antara IBM dan LG Electronics, LG dapat mengeksplorasi jenis masalah baru yang terkait dengan teknologi yang muncul dan akan membantu penguatan kemampuan kuantum di Korea."

Komputasi kuantum adalah evolusi yang menarik dalam komputasi. Sementara komputer klasik melakukan komputasi dalam bit yang merepresentasikan 0 dan 1, komputer kuantum telah menggunakan qubit yang memanfaatkan fenomena mekanika kuantum seperti interferensi dan keterkaitan (entanglement) dalam komputasi untuk memecahkan masalah yang secara fundamental tidak dapat dipecahkan komputer klasik.

Hasilnya, komputasi kuantum sangat cocok untuk membantu mengeksplorasi pendekatan baru dalam pemecahan masalah seperti yang ada dalam strategi inovasi terbuka LG Electronics, termasuk big data, artificial intelligence, connected cars, transformasi digital, IoT, dan robotics applications.

Pada acara IBM Quantum Summit bulan November 2021, IBM belum lama ini meluncurkan prosesor komputasi kuantum 'Eagle' baru dengan 127 qubit, sebuah langkah besar dalam roadmap IBM untuk mencapai Quantum Advantage.

Ada lebih dari 170 klien, termasukýLG Electronics, perusahaan Fortune 500, perusahaan rintisan, lembaga akademis, dan laboratorium penelitian yang bekerja dengan teknologi IBM Quantum guna memajukan komputasi kuantum dan mengeksplorasi aplikasi praktis.

Tim dan klien IBM Quantum sedang meneliti dan mengeksplorasi bagaimana komputasi kuantum akan membantu berbagai industri dan disiplin ilmu, termasuk keuangan, energi, kimia, science, optimisasi, machine learning, dan banyak lagi lainnya.

BACA SELANJUTNYA

LG Tawarkan Solusi Meeting Hybrid Lebih Efisien Saat Kembali Ngantor