Kamis, 28 Maret 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Rabu, 19 Januari 2022 | 09:20 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Berdasarkan kumpulan foto lawas yang beredar, banyak pohon-pohon berukuran raksasa di Indonesia. Sebuah foto jadul mengenai pria yang berpose di depan pohon beringin ini sukses menarik perhatian netizen.

Pengguna Facebook bernama Yudi mengunggah postingan melalui forum FOTO NOESANTARA DOELOE. Ia sebenarnya membagikan foto koleksi KITLV.

Ribuan foto dari lembaga ilmiah KITLV (Koninklijk Instituut voor Taal-, Land- en Volkenkunde) tersimpan rapi di Leiden University Libraries.

Berdasarkan keterangan pada situs Leiden University Libraries, foto pria di depan pohon beringin itu diambil pada tahun 1925.

"Waringin met luchtwortels op Java, circa 1925. (Pohon waringin dengan akar udara di Jawa. Sekitar tahun 1925)," bunyi keterangan yang tertulis di arsip online Leiden University.

Foto jadul pria di depan pohon beringin pada tahun 1925. (KITLV via Yudi, Grup Foto Noesantara Doeloe)

Kita bisa melihat dua orang pria yang nampak berfoto tepat di sebuah pohon berukuran raksasa. Pria di belakang nampak memakai blangkon dan memegang akar pohon beringin dengan tangannya.

Mereka masih berbusana tradisional, lengkap dengan baju lengan panjang dan jarit batik. Melalui deretan foto jadul yang beredar antara tahun 1896 hingga 1930 koleksi KITLV, kita bisa melihat jalanan di pulau Jawa yang cukup sepi dengan pohon-pohon besar di sampingnya.

Beberapa pohon di dekat pemukiman bahkan memiliki ukuran raksasa. Netizen auto takjub setelah melihat ukuran pohon dengan banyak akar di sekitarnya.

Beringin (Ficus benjamina) atau sering disebut waringin dan ara merupakan tumbuhan asli dari Asia dan Australia. Pohon ini cukup akrab dengan budaya asli Indonesia di era lawas.

Foto jadul pria di depan pohon beringin pada tahun 1925. (KITLV via Leiden University Libraries)

Dikutip dari Wikipedia, pada beberapa wilayah, pohon tersebut sering dianggap oleh penduduk lokal sebagai tempat kekuatan magis berkumpul. Foto jadul mengenai pohon beringin berukuran raksasa ini memancing beragam komentar dari netizen.

"Tempat yang syahdu buat ngobrol dengan Tuhan," pendapat A**u Je**r.

"Betapa indah dan betapa kaya kalau bangsa kita dulu memelihara hingga sekarang. Kayaknya negara kita sudah mirip negeri dongeng," balas S*lae**n.

"Tempat tuyul, genderuwo, memedi, dan kuntilanak," kata Ri**l I*w**to.

"Gede amat, bisa buat rumah pohon itu,"tulis A**i Ard**nsyah. Itulah tadi foto jadul pohon beringin raksasa di Jawa yang menarik perhatian netizen, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Viral Pasutri Curi 5 Ponsel Milik Pengunjung PRJ, Endingnya Ketahuan dan Ditangkap Polisi