Jum'at, 29 Maret 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Kamis, 20 Januari 2022 | 20:11 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Banyak wanita hingga gadis Belanda yang pernah terekam pada foto jadul di Tanah Air sebelum tahun 1945. Sebuah foto lawas mengenai wanita Belanda dengan minuman tradisional ini sukses menarik perhatian netizen.

Pengguna Facebook bernama Iwan Restwo membagikan postingan melalui forum Foto Noesantara Doeloe. "Noni Londo jajan segelas air nira (lahang). Jawa Barat 1925," tulis Iwan Restwo pada caption-nya.

Kita bisa melihat wanita Belanda tersebut ditemani seorang laki-laki di sampingnya. Pakaian putih yang mereka kenakan cukup mencolok dengan latar belakang kebun.

Pria bertopi nampak menuangkan cairan nira ke dalam gelas yang dipegang oleh wanita tersebut. Air nira merupakan salah satu minuman tradisional yang telah ada sejak puluhan tahun lalu.

Pada beberapa wilayah di Indonesia, terkadang kita masih bisa menjumpai pedagang minuman nira yang membawanya menggunakan tabung bambu.

Foto jadul wanita Belanda saat memegang minuman nira menarik perhatian netizen. (Facebook/ Foto Noesantara Doeloe)

Foto jadul ini menampakkan orang Belanda dengan gaya yang cukup unik. Baik wanita dan pria di dalam foto terlihat tak memakai sandal atau sepatu.

Terdapat penampakan yang cukup khas pada deretan foto jadul yang tersimpan di Leiden University atau UWM Libraries pada kisaran tahun 1900 hingga 1945. Kita bisa melihat banyak wanita Belanda dan keturunan Indo-Eropa yang berfoto mengenakan pakaian putih.

Foto jadul wanita Belanda saat memegang minuman nira menarik perhatian netizen. (Facebook/ Foto Noesantara Doeloe)

Sebagian di antara mereka memiliki rambut panjang tergerai dan memakai hiasan di bagian kepala. Netizen menyoroti baju putih dan penampilan telanjang kaki pada foto jadul tahun 1925 tersebut. Postingan foto jadul ini memancing beragam komentar dari netizen.

"Kok pada nyeker semua ya," kata Da**el K**o.

Foto jadul gadis Indo-Eropa di tahun 1920-an ini bikin netizen salfok. (Instagram/ @potolawasofficial)

"Pakaian putih ciri khas orang-orang di zaman penjajahan," balas H**bo Ar*.

"Paling mereka malakin pedagang alias minta gratis," komentar W**yu Legianto.

"Londo doyan juga sama tuak manis," tulis D**as J**bo. Itulah tadi foto jadul wanita Belanda di tahun 1925 yang berhasil menarik perhatian netizen, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Viral Pasutri Curi 5 Ponsel Milik Pengunjung PRJ, Endingnya Ketahuan dan Ditangkap Polisi