Jum'at, 19 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Jum'at, 21 Januari 2022 | 17:20 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Kendaraan umum dan mobil buatan Eropa pernah membanjiri Tanah Air pada puluhan tahun lalu. Foto jadul Jakarta di tahun 1970-an ini sukses menarik perhatian netizen.

Pengguna Facebook dengan akun bernama Pri Hartanto membagikan postingan mengenai deretan kendaraan umum dengan penampakan cukup lawas melalui forum INDONESIA TEMPOE DOELOE.

"Taman Fatahillah, 1971," tulis pengunggah postingan pada caption-nya. Ia sebenarnya membagikan ulang salah satu arsip online yang tersimpan di Tropen Museum.

Deretan foto milik Boy Lawson puluhan tahun lalu diketahui tersimpan rapi pada situs perpustakaan dan museum online Belanda.

Kita bisa melihat kesibukan orang-orang yang berada di terminal sekitar Taman Fatahillah. Netizen dibuat salfok dengan kendaraan umum berupa oplet.

Foto jadul Jakarta di tahun 1970-an ini menarik perhatian netizen. (Facebook/ Indonesia Tempoe Doeloe)

Popularitas oplet melesat karena kendaraan ini pernah menjadi mobil ikonis pada sinetron Si Doel Anak Sekolahan.

Oplet saat itu menjadi kendaraan yang digunakan oleh Si Doel (Rano Karno) dan Mandra untuk mencari nafkah. Dikutip dari Wikipedia, oplet merupakan kendaraan umum yang cukup familiar di Jakarta mulai tahun 1950-an.

Mobil penumpang berukuran kecil ini eksis dari tahun 1950 hingga 1970-an. Keberadaan oplet sebagai kendaraan umum mulai jarang di tahun 1980-an karena ada kebijakan pemerintah untuk menghapus oplet dari Jakarta.

Oplet akhirnya digantikan oleh angkutan lebih modern bernama mikrolet. Perlu diketahui, oplet sebenarnya kendaraan angkutan umum yang berasal dari mobil Morris Traveller buatan Inggris.

Foto jadul Jakarta di tahun 1971 membuat netizen auto salfok dengan keberadaan oplet serta bus angkutan umum yang pernah eksis di periode tersebut.

 

Foto jadul Jakarta di tahun 1970-an ini menarik perhatian netizen. (Facebook/ Indonesia Tempoe Doeloe)



"Mobil-mobilnya kebanyakan buatan Eropa pada era itu," kata L**a Al**n.

"Salfok sama opletnya Si Doel tuh," balas B**by M**bo.

"Baru tahu dulu depan Museum Fatahillah sempat jadi tempat angkutan umum," tulis Ad**s Ax**ies.

"Gue malah fokus sama iklan Rinso dan Delft cokelatnya (emoticon tersenyum)," pendapat Y**i Su**nto. Itulah tadi foto jadul Jakarta di tahun 1970-an yang bikin netizen salfok dengan keberadaan oplet, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Viral Video Mahasiswi KKN yang Diusir Warga Akhirnya Minta Maaf, Malah Kena Nyinyir Netizen