Senin, 29 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Senin, 24 Januari 2022 | 18:09 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Momen serta pemandangan pada foto lawas dapat menggambarkan busana serta gaya yang familiar di zaman tersebut. Sebuah foto jadul yang memperlihatkan wanita Bali di tahun 1940-an ini berhasil menarik perhatian netizen.

Akun fanspage Facebook @potolawasofficial membagikan foto wanita Bali yang menatap kamera sembari menggendong anak.

"Wanita Bali dengan anak-anak," bunyi keterangan pada foto. Akun @potolawasofficial membagikan foto yang tersimpan di Nationaal Archief Belanda.

Kita bisa melihat bahwa wanita Bali itu cukup kuat karena mampu menyunggi barang di kepala sekaligus menggendong bayi. Ia nampak berpose dengan membawa salah seorang anak kecil lain.

Foto terlihat cukup indah mengingat tiga orang tersebut direkam dengan latar belakang sebuah gunung besar. Dari beberapa foto jadul yang tersimpan di situs museum atau perpustakaan online milik Belanda, kita bisa menyaksikan wanita Bali dengan pakaian tradisional.

Foto jadul wanita Bali di tahun 1940-an ini menarik perhatian netizen. (Instagram/ potolawasofficial)

Mereka berbusana sederhana dengan jarit di bagian bawah. Sebagian foto menampilkan perempuan dan wanita di Bali yang tak memakai penutup di bagian dada.

Pemandangan itu cukup lumrah dan pernah terekam pada foto jadul di tahun 1940-an dan 1950-an. Tahun sebelum itu juga menampilkan foto mengenai perempuan Bali yang berbusana tanpa penutup dada.

Ada pula kartu pos bergambar perempuan penari di Bali tanpa penutup di bagian dada. Dikutip dari situs Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng (bersumber Phinemo), masyarakat Bali mulai mengenal pakaian lebih tertutup setelah daerah tersebut mulai dikenal sebagai tujuan destinasi wisata.

Foto jadul wanita Bali di tahun 1940-an ini menarik perhatian netizen. (Instagram/ potolawasofficial)

Pemerintah kolonialisme Belanda di Buleleng pernah mengeluarkan aturan yang menyatakan bahwa wanita Bali harus menggunakan baju tertutup. Foto jadul mengenai wanita di Bali pada tahun 1940-an ini memancing beragam komentar dari netizen.

"Cantiknya si ibu," puji @a**ik_t**k.

"Keren banget fotonya," balas @m**tah**in.

Foto perempuan di Bali pada puluhan tahun yang lalu. (disbud.bulelengkab.go.id, phinemo)

"Saat zaman di mana para pria masih berpikir jernih," tulis @an**ea.ph*to**phy.

"Kalau dulu mungkin lumrah adat istiadatnya. Kalau sekarang nggak disensor saja masih banyak yang mesum," pendapat @a**ie_m**l. Itulah tadi foto wanita di Bali tahun 1940-an yang berhasil menarik perhatian netizen, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Viral Video Mahasiswi KKN yang Diusir Warga Akhirnya Minta Maaf, Malah Kena Nyinyir Netizen