Selasa, 23 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Selasa, 25 Januari 2022 | 17:47 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Bocah-bocah di era lawas ternyata memiliki kebahagiaan mereka sendiri meski kondisi serba terbatas. Foto jadul yang menampakkan senyuman para bocah di tahun 1970-an ini berhasil menarik perhatian netizen.

Akun fanspage Instagram @potolawas membagikan arsip foto yang tersimpan di Nederlands Foto Museum Belanda (nederlandsfotomuseum.nl).

"Foto anak di jalanan, Indonesia (1947)," bunyi keterangan pada foto tersebut. Kita bisa melihat beberapa foto bocah di tahun 1947 dengan berbagai macam pose dan gaya.

Salah seorang bocah nampak memakai peci dan tersenyum ke arah kamera. Bocah tersebut mengenakan baju yang lebih tertutup dibanding anak-anak lain. Deretan foto lain menampilkan bocah dengan pakaian ederhana dan pakaian cukup terbuka.

Tak sedikit dari para bocah ini yang mengenakan baju compang-camping. Kita tak jarang menemukan foto jadul masyarakat Indonesia dengan pakaian seadanya pada beberapa tahun setelah masa kemerdekaan.

Foto jadul bocah di tahun 1940-an ini menarik perhatian netizen. (Instagram/ potolawas)

Foto memperlihatkan bocah-bocah ini kebanyakan tak memakai alas kaki. Dengan segala keterbatasan yang ada, mereka masih bisa tersenyum dan bercanda satu sama lain.

Netizen merasa salut dengan senyuman para bocah meski mereka hanya memiliki pakaian seadanya. Sebagian netizen lain merasa sedih karena sebagian bocah ini nampak miskin setelah merasakan masa penjajahan.

Foto jadul bocah di tahun 1940-an ini menarik perhatian netizen. (Instagram/ potolawas)

Postingan foto jadul bocah di tahun 1940-an ini memancing beragam komentar dari netizen.

"Si kakek masih bocil," kata @dwi**hyu**mad*.

"Anak-anak zaman dulu sehat dan kuat, walau tanpa vaksin," pendapat @a**akan**re.

Foto jadul bocah di tahun 1940-an ini menarik perhatian netizen. (Instagram/ potolawas)

"Sumber daya alamnya dikuras habis, tenaga diperas, anak-anaknya dibiarkan miskin dan bodoh. Mereka pun nggak punya pakaian dan tampil compang-camping (emoticon menangis)," komentar@i**har**nto.

"Zaman segitu nggak ada yang pakai sandal, tapi wajahnya terlihat ceria dan bahagia," tulis @ana**ant**1207. Itulah tadi foto jadul bocah di tahun 1940-an yang menarik perhatian netizen, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Ummi Pipik Masih Pakai Cadar Meski Jadi BA, Netizen Sentil Inara Rusli