Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Minggu, 30 Januari 2022 | 11:40 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Berikut ini adalah rekomendasi anime yang harus kamu tonton jika kamu adalah penyuka Yakuza. Termasuk game Ryu Ga Gotoku atau Yakuza yang mengangkat kisah kelompok tersebut.

Siapa yang tak kenal Yakuza? Yakuza yang dalam bahasa Jepang berarti gokudo adalah nama dari sindikat terorganisir di Jepang.

Organisasi ini sering juga disebut mafia Jepang, karena ada kesamaan dengan bentuk organisasi yang asalnya dari Italia tersebut.

Sebagai organisasi papan atas, Yakuza ini sangatlah tertutup. Oleh sebab itu, banyak  penggemar Yakuza yang berharap ada anime yang punya tema sama dengan Yakuza.

Dengan begitu, sedikit banyak mereka akan tahu bagaimana Yakuza ini dibentuk, diorganisir dan bekerja.

Begitu juga dalam game Yakuza, menjadi jalan masuk bagi orang luar untuk sedikit mengenal kelompok rahasia tersebut.

Tenang saja, tim Hitekno sudah mendaftar lima anime yang layak kamu tonton jika kamu suka Yakuza. Berikut ini adalah rekomendasi anime bagi penggemar Yakuza:

  1. Gokusen (2004)
  2. The Way Of The Househusband (2020)
  3. Great Teacher Onizuka (1998)
  4. Phantom: Requiem For The Phantom (2009)
  5. Gangsta (2015)
  6. 91 Days (2016)
  7. Jormungand (2012)

Selain daftar tersebut, Hitekno.com juga sudah merangkum sedikit informasi tentang anime Yakuza tersebut:

1. Gokusen (2004)

Gokusen, anime bertema Yakuza. (IMDB)

Anime ini bercerita tentang cucu dari bos Yakuza, Kumiko, yang merupakan pewaris "bisnis keluarga". 

Sayangnya Kumiko tidak tertarik berbisnis karena ia sangat ingin menjadi guru. Kumiko lantas  mengejar mimpinya dan berhasil menjadi wali kelas Kelas 4-2 yang merupakan kelas berandalan.

Kumiko menyembunyikan identitas Yakuzanya untuk membuat murid-muridnya menjadi individu yang lebih baik. Meski pada akhirnya, beberapa murid curiga juga.

2. The Way Of The Househusband (2020)

The Way Of The Househusband, anime bertema Yakuza. (Fandom)

Apa jadinya jika pensiunan Yakuza memilih untuk menjadi seorang bapak rumah tangga suami dari serang wanita karir? Itulah yang kamu temukan dalam serial anime ini.

Namun sebagai salah satu sosok mantan bos Yakuza, organisasi gelap ini tidak lantas melepaskannya begitu saja. Meski sudah pensiun ia masih jadi sasaran buruan organisasi.

3. Phantom: Requiem For The Phantom (2009)

Phantom: Requiem For The Phantom. (Netflix)

Film ini bercerita tentang kehidupan Ein, seorang pembunuh yang mengalami amnesia. Dia lantas berhubungan dengan karakter bernama Zwei yang saksi salah satu pembunuhan Inferno yang dicuci otak untuk menjadi seorang pembunuh sendiri.

Pengambilan tema pembunuhan dan spionase yang menarik ini memang memberikan sentuhan unik pada genre anime gangster/kejahatan.

Ya, setidaknya akan memuaskan rasa penasaranmu tentang salah satu misi rahasia Yakuza (mungkin).

4. Great Teacher Onizuka (1998)

Great Teacher Onizuka. (Netflix)

Apa jadinya jika mantan ganster menjadi seorang guru? Inilah kisah Eikichi Onizuka, pria 22 tahun yang berprofesi sebagai guru.

Dengan gayanya yang eksentrik bahkan cenderung cabul, tonton perjalanan Eikichi Onizuka sebagai guru di anime Great Teacher Onizuka ini.

5. Gangsta (2015)

Gangsta. (Fandom)

Anime Gangsta ini megambil latar tempat di kota Ergastulum, surga bagi mafia dan organisasi kriminal lainnya.

Tokoh protagonisnya bernama Nicolas Brown dan Worick Arcangelo yang bekerja sebagai "Handymen," atau tentara bayaran.

Kisah mereka secara resmi dimulai ketika mereka mengambil Alex yang amnesia di bawah sayap mereka setelah pertemuan "tidak beruntung" dengan sebuah geng. Namun, keterlibatan mereka dengan Alex segera lepas kendali.

6. 91 Days (2016)

91 Days. (Fandom)

Lain dengan anime sebelumnya, 91 Days menawarkan pandangan yang lebih pribadi tentang kehidupan anggota kejahatan terorganisir.

Dalam anime 2016 ini, Angelo Lagusa menyusup ke keluarga mafia Vanetti dengan harapan membalas dendam atas keluarganya yang terbunuh.

Sesuai dengan judulnya, kisah balas dendam Angelo berlangsung selama 91 hari. Dia secara resmi memulai pencariannya dengan berteman dengan Nero Vanetti, putra Vanetti don Vincent. Sayangnya, kisah mereka menunjukkan betapa buruknya balas dendam.

Berbagai interaksi Angelo dengan keluarga mafia lainnya merinci betapa rumitnya kehidupan seorang mafioso.

7. Jormungand (2012)

Jormungand. (The Movie Database)

Orang-orang dalam kejahatan terorganisir sering terjun ke pasar gelap untuk mendapatkan senjata dan berbagai komoditas, semuanya jauh dari mata-mata.

Dan kerennya anime berjudul Jormungand ini menceritakan petualangan Koko Hekmatyar, seorang pedagang senjata muda yang bekerja untuk HCLI.

Koko, bersama tim pengawalnya, berkeliling dunia untuk menjual senjata ke berbagai pihak yang berkepentingan, mulai dari bos mafia hingga pembunuh.

Mereka juga harus berurusan dengan pihak berwenang, lembaga lain, dan pedagang senjata saingan.

Itulah rekomendasi anime yang wajib kamu tonton jika kamu suka Yakuza.

Kontributor: Damai Lestari

BACA SELANJUTNYA

Link Nonton Black Clover Sword of the Wizard King, Pasti Aman dengan Subtitle Indonesia