Jum'at, 29 Maret 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Senin, 31 Januari 2022 | 09:24 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Foto jadul dapat meninggalkan nilai sejarah tersendiri bagi generasi setelahnya. Sebuah foto lawas mengenai sosok Pierre Tendean bersama wanita cantik di sampingnya ini sukses menarik perhatian netizen.

Pengguna TikTok dengan akun bernama @prettiesha membagikan postingan mengenai foto Pierre Tendean puluhan tahun yang lalu.

"Rest ini paradise. Pierre Tendean. Pahlawan Revolusi," tulis @prettiesha pada caption-nya. Video memperlihatkan Pierre Tendean yang saat itu berumur 26 tahun. Ia duduk tegap dan berpose mengarah ke kamera bersama sosok wanita cantik di sampingnya.

Berdasarkan penelusuran melalui Google Image, sosok yang berada di samping pahlawan revolusi ini adalah saudara kandung Pierre Tendean.

Foto jadul tersebut direkam pada bulan Juli 1965. Itu berarti foto ini diambil beberapa bulan sebelum peristiwa Gerakan 30 September. Sosok wanita cantik di dalam foto adalah sang adik yang bernama Rooswidiati Tendean.

Foto jadul Pierre Tendean ini menarik perhatian netizen. (Tiktok/ @prettiesha)

Sang adik tersebut ikut andil dalam menyusun penulisan buku berjudul "Sang Patriot Kisah Seorang Pahlawan Revolusi: Biografi Resmi Pierre Tendean".

Foto jadul di dalam buku sebenarnya memperlihatkan empat orang keluarga Pierre. Dua orang di sebelah kiri adalah Pierre dan Rooswidiati Tendean sementara dua orang di sebelah kanan adalah sang ibunda, Maria Elizabeth Cornet dan sang ayah, AL. Tendean.

Dikutip dari Wikipedia, Kapten Czi. (Anumerta) Pierre Andries Tendean mengawali karier militer dengan menjadi intelijen dan kemudian ditunjuk sebagai Ajudan Jenderal Besar TNI Abdul Haris Nasution menggantikan Kapten Kav Adolf Gustaf Manullang.

Saat peristiwa Gerakan 30 September (G30S), Tendean ditangkap karena dikira Jenderal Nasution oleh gerombolan G30S PKI. Ia dibawa ke sebuah rumah di daerah Lubang Buaya bersama enam perwira tinggi lain. Ajudan Jenderal Nasution itu ditembak mati dan mayatnya dibuang ke sebuah sumur tua.

Tendean akhirnya dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata dan bersama enam perwira korban Gerakan 30 September lainnya. Ia ditetapkan sebagai Pahlawan Revolusi Indonesia pada tanggal 5 Oktober 1965.



Postingan video dan foto jadul Pierre Tendean ini berhasil viral setelah ditonton lebih dari 2 juta kali dan memperoleh 300 ribu tanda suka.

Sebagian besar netizen berpendapat bahwa sosok Pierre Tendean di dalam foto ini memiliki paras memesona. Tak sedikit netizen yang turut memuji wajah cantik sang adik. Video viral tersebut memancing beragam komentar dari netizen.

"Tampan dan pemberani membela negara meski beliau bukan 100 persen darah Indonesia (emoticon menangis)," kata @L**urB*e

"Cantik banget adiknya Kapten Pierre," pendapat @D**iSu*a**ri.

"Kalau lihat Pak Pierre gini rasanya campur aduk banget, antara sedih, bangga dan merinding," komentar @i**al**ys.

"Cowok pertama yang bikin gue jatuh cinta pas SMP. Nggak sengaja lihat di buku sejarah langsung senyum-senyum sendiri," kenang @Ciicot. Itulah tadi foto jadul Pierre Tendean di tahun 1965 yang menarik perhatian netizen, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Rendy Kjaernett Bilang Ia Mencintai Orang yang Tepat di Waktu yang Salah, Langsung Diceramahi Netizen