Jum'at, 03 Mei 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Rabu, 02 Februari 2022 | 07:45 WIB

Hitekno.com - Merek mobil asal AS pernah menjadi angkutan umum populer di beberapa wilayah Indonesia. Sebuah foto jadul mengenai mobil mewah yang jadi angkot di tahun 1970-an berhasil menarik perhatian netizen.

Akun fanspage Facebook Perpustakaan Nasional RI membagikan foto yang pernah dimuat oleh surat kabar di tahun 1978. Terdapat beberapa mobil yang dimodifikasi menjadi angkutan umum pada foto tersebut.

"Mobil kelas atas kini jadi opelet. Dahulu Chrysler Windsor 1952 ini dengan mesin side valve adalah mobil AS kelas atas yang pernah masuk di sini, sekarang jadi opelet. Mobil opelet yang berasal dari mobil-mobil tua Amerika berada di terminal opelet Sukabumi, Jawa Barat," bunyi keterangan di dalam foto jadul.

Chrysler Windsor merupakan merek mobil ukuran penuh yang dibuat oleh Chrysler dari tahun 1939 hingga 1960-an. Interior, fitur, dan desain bodi bagian depan didesain lebih mewah dibanding mobil standar pada zamannya.

Meski begitu, mobil mewah tersebut justru menjadi angkutan umum setelah dimodifikasi di Indonesia pada akhir 1970-an dan awal 1980-an.

Foto mobil mewah yang jadi opelet di tahun 1978. (Facebook/ Perpustakaan Nasional)

Popularitas opelet atau oplet melesat karena kendaraan ini pernah menjadi mobil ikonis pada sinetron Si Doel Anak Sekolahan. Dikutip dari Wikipedia, opelet merupakan kendaraan umum yang cukup populer di Jakarta pada 1960-an dan 1970-an.

Keberadaan opelet sebagai kendaraan umum mulai jarang di akhir 1980-an karena ada kebijakan pemerintah untuk menghapus opelet dari Jakarta. Opelet akhirnya digantikan oleh angkutan lebih modern bernama mikrolet. Perlu diketahui, opelet sebenarnya kendaraan angkutan umum yang berasal dari mobil Morris Minor Traveller buatan Inggris.

Tak hanya Morris, beberapa merek mobil seperti Chrysler, Austin dan Chevrolet pernah dimodifikasi menjadi opelet. Foto jadul mobil mewah yang menjadi angkutan umum di tahun 1970-an ini memancing beragam komentar dari netizen.

"Kalau sekarang harga mobil-mobil ini sudah meroket di tangan kolektor," kata Ag**ng S**tie.

"Tua-tua tapi menarik hati. Harus dan wajib dilestarikan sebagai kenangan adanya generasi mobil dari zaman ke zaman," pendapat Pu**a P**an.

Foto mobil mewah yang jadi opelet di tahun 1978. (Facebook/ Perpustakaan Nasional)

"Sekarang sudah jadi barang langka," balas To*o Isw**to.

"Jalur dalam kota biasanya banyak mobil dari Moris Minor dan Austin. Kalau luar kota pakainya Chevy dan Dodge," tulis R**i W.

"Menarik ya, kalau mobilnya tahun 1951, berarti tahun 1978 usianya 27 tahun. Kalau sekarang 2022, mobil usia 27 tahun berarti bikinan 1994-1995. Bisa nggak kita bayangin orang pakai Toyota Land Cruiser VX80 atau Jeep Cherokee tahun 1995 jadi angkot misalnya?" komentar W. D**ar. Itulah tadi foto jadul mobil mewah yang jadi angkutan umum di tahun 1970-an, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Viral Abizar Nyanyi Lagu dengan Suara Mirip Uje, Umi Pipik Doakan Ini