Sabtu, 27 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Rabu, 09 Februari 2022 | 19:48 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Foto jadul terkadang menyimpan momen unik yang pernah terekam pada zamannya. Sebuah foto lawas mengenai motor yang diduduki oleh empat orang di tahun 1983 ini sukses menarik perhatian netizen.

Akun Facebook Perpustakaan Nasional RI membagikan foto hitam putih mengenai aksi pemotor yang tak biasa. Salah seorang pemotor itu tersenyum saat membawa tiga orang kawan di belakangnya.

Foto tersebut pernah dimuat pada salah satu surat kabar yang terbit pada Agustus 1983. "Zaman dahulu apa ukuran motornya yang besar ataukah ukuran orang-orang Indonesia-nya yang kecil ramping sehingga 1 motor bisa diduduki ber-empat alias 4 in one orang dewasa," tulis akun Perpustakaan Nasional dalam caption-nya.

Ini adalah salah satu arsip sebagai bagian dari Koleksi Surat Kabar Langka, Perpustakaan Nasional RI (SKALA-Team).

Kita bisa melihat bahwa pemotor dan pemboncengnya tersebut memancarkan raut wajah yang bahagia. Meski begitu, tindakan ini tentu cukup berbahaya dan tak patut untuk ditiru.

Fenomena bonceng empat di tahun 1980-an. (Facebook/ Perpustakaan Nasional)

"Ini bukan pengojek yang mengejar setoran untuk nafkahnya, tetapi sekelompok anak muda yang melanggar aturan lalu lintas di jalan raya tanpa memperhatikan bahaya yang mengancamnya," bunyi keterangan di dalam foto jadul.

Kita banyak menemukan foto mengenai orang yang begitu bangga saat berpose atau mengendarai motor di tahun 70-an atau 80-an. Keberadaan motor saat itu cukup jarang sehingga hanya orang-orang tertentu saja yang bisa memilikinya.

Dari foto jadul yang beredar sebelumnya, kita pernah melihat orang yang nampak bangga ketika berfoto di samping Suzuki FR80, seri Honda Super Cup 1970, hingga Vespa Sprint 1968. Foto lawas cowok bonceng empat di atas motor ini memancing beragam komentar dari netizen.

Fenomena bonceng empat di tahun 1980-an. (Facebook/ Perpustakaan Nasional)

"Kalau sekarang pasti viral," kata Ju**a E*y.

"Bopat (bonceng empat) istilahnya..wkwk," balas Ir**n M*ha**ad.

"Dulu jarang ada yang punya motor jadi sekali ada yang punya semua ingin ikut," pendapat H**pi.

"Motor laki sebelum era bebek memang lebih luas. Juga belum ada tilang-tilang seketat sekarang. Sangat jarang yang pakai helm," komentar A** K**a. Itulah tadi foto jadul mengenai fenomena bonceng empat di tahun 1980-an, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Gempa M 6.4 Guncang Yogyakarta, Langsung Diikuti Beberapa Gempa Susulan