Kamis, 09 Februari 2023
Rezza Dwi Rachmanta : Kamis, 10 Februari 2022 | 20:10 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Foto jadul terkadang menyimpan gaya orang-orang tempo lawas beserta keunikannya masing-masing. Sebuah foto mengenai bocah bule di tahun 1919 ini berhasil menarik perhatian netizen.

Akun fanspage @potolawas membagikan foto hitam putih yang menampakkan bocah keturunan Eropa. "Europees meisje in Djember (Gadis kecil Eropa di Jember)," bunyi keterangan yang ada di situs Leiden University Libraries.

Netizen langsung menyoroti gaya gadis cilik di depan kamera tersebut. Ia nampak berpose dengan sebuah boneka yang diletakkan di atas meja. Ada pula boneka anjing kecil yang menemaninya saat difoto.

Situs Leiden University Libraries diketahui menyimpan puluhan foto yang berlatar di Jember, Jawa Timur. Sebagian besar arsip yang tersimpan menampakkan beberapa bangunan Belanda di Jember pada kisaran tahun 1900 hingga 1947.

Beberapa di antaranya memperlihatkan bangsawan Belanda dan juga potret keluarga Eropa yang berkunjung ke Indonesia. Bocah dalam foto itu memiliki rambut panjang dan memakai aksesori gelang pada tangannya.

Foto bocah Eropa di tahun 1919 ini menarik perhatian netizen. (Instagram/ potolawas)

Ia memiringkan kepala sehingga wajah di bagian kanan terlihat lebih gelap. Sebagian potret bangsawan kebanyakan memakai baju putih ketika berpose di depan kamera. Pada file lain, gadis cilik itu sebenarnya tak sendirian.

Foto terpisah menampakkan gadis cilik ketika berpose dengan seorang pria dan wanita berusia lebih tua yang diduga sebagai orangtuanya. "Europees gezin te Djember (Keluarga Eropa di Jember)," bunyi keterangan di dalam foto lain.

Netizen menilai bahwa foto tersebut memiliki aura yang cukup menakutkan. Tak sedikit netizen yang menyeletuk bahwa boneka pada foto mirip spirit dolls atau boneka arwah.

Foto bocah Eropa di tahun 1919. (Leiden University Libraries)

Kita bisa melihat bahwa beberapa foto jadul memiliki kesamaan khusus. Banyak dari foto lawas menampakkan orang yang berpose begitu kaku dan bahkan tak tersenyum di depan kamera. Foto jadul mengenai bocah Eropa pada tahun 1919 di Jember ini memancing beragam komentar dari netizen.

"Tatapannya kosong banget," kata @a**e15.

"Aku pikir tadi bayi beneran eh tahunya boneka (emoticon menangis)," balas @ch**ari**el.

"Spirit doll tempo dulu," komentar @sy**aaim**ne.

"Tatapannya serem, auranya creepy," pendapat @plu**o**l.

"Kenapa ya orang zaman dulu kalau foto ekspresinya selalu kaku," tulis @sec**d_ba**bai. Itulah tadi foto jadul bocah Eropa di tahun 1919 yang bikin netizen salfok, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Ngemis Online Mandi Lumpur Disorot Media Korsel, Netizen Indonesia Ikut Malu