Jum'at, 29 Maret 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Jum'at, 11 Februari 2022 | 14:33 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Masyarakat Indonesia diketahui masih berjuang pada beberapa tahun setelah proklamasi kemerdekaan. Sebuah foto mengenai bocah Indonesia di tahun 1947 ini berhasil memancing simpati dari netizen.

Akun fanspage Instagram @potolawasofficial membagikan foto jadul anak-anak Indonesia yang memegang sesuatu di tangannya. Rupanya bocah tersebut membawa kaleng sebagai tempat makanan.

Akun fanspage @potolawasofficial mengunggah ulang sebuah arsip yang tersimpan di Nederlands Instituut voor Militair Historie (NIMH). Dilihat dari situs NIMH Belanda (nimh-beeldbank.defensie.nl), foto itu direkam pada 1947.

"De mariniers van de Marbrig troffen bij de bezetting van de Porong delta uitgehongerde Indonesiërs aan. Op een Rode Kruispost in Gedangan werd dagelijks voedsel uitgereikt. (Selama pendudukan Porong-Delta atau Porong-Sidoarjo, marinir Marbrig menemukan orang-orang Indonesia yang kelaparan. Makanan dibagikan setiap hari pada pos Palang Merah di Gedangan)," bunyi keterangan yang tertulis di situs NIMH.

Beberapa foto di NIMH menyuratkan kondisi orang-orang Indonesia yang kelaparan di tahun 1940-an. Pada foto lain, kita bisa melihat para bocah dan orang dewasa yang berpakaian lusuh.

Foto salah seorang bocah Indonesia di tahun 1947. (NIMH)

Beberapa di antaranya mengenakan baju compang-camping. Ada pula orang yang memanfaatkan batok kelapa sebagai tempat untuk menampung pemberian makanan.

Foto yang diunggah oleh @potolawasofficial menampilkan bocah dengan kondisi memprihatinkan di Jawa Timur pada tahun 1947.

Bocah ini terlihat kurus dengan penampakan tulang rusuk yang sangat menonjol. Sang bocah memancarkan tatapan sayu yang menandakan bahwa ia sangat kelaparan.

Foto salah seorang bocah Indonesia di tahun 1947. (NIMH)

Foto jadul mengenai bocah Indonesia di tahun 1947 itu berhasil viral setelah memperoleh lebih dari 6.500 tanda suka dan dikomentari ratusan netizen. Postingan viral ini memancing beragam komentar dari netizen.

"Ya Allah, sedih banget lihatnya (emoticon menangis)," kata @le**in**ine.

"Masya Allah (emoticon sedih). Di surga kamu sudah bahagia nduk," balas @hen**iana**suf182.

Orang-orang antre makanan di Jawa pada 1947. (NIMH)

"Berarti setelah kemerdekaan masih banyak terjadi keparan ya," komentar @k**su**ndi.

"Sedih, betapa bersyukurnya generasi yang sekarang, hidup tidak seberat saat itu," pendapat @ni**kr**na. Itulah tadi foto jadul bocah di Jawa Timur pada tahun 1947 yang membuat netizen auto sedih, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Viral Jamaah Wanita Ribut Saat Salat Idul Adha hingga Jambak-jambakan, Diduga Gegara Hal ini