Kamis, 25 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Kamis, 17 Februari 2022 | 14:25 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Foto jadul puluhan tahun lalu bisa meninggalkan nilai sejarah tersendiri bagi generasi setelahnya. Sebuah foto mengenai para pejuang kemerdekaan yang duduk di samping orang asing ini sukses menarik perhatian netizen.

Akun fanspage Instagram @potolawas membagikan foto jadul saat beberapa pejuang kemerdekaan tertangkap oleh pasukan musuh.

"Potret para pejuang kemerdekaan yang tertangkap dan terluka langsung dibantu oleh perawat Brigade Marinir, Surabaya, sekitar Agustus 1946," tulis @potolawas pada caption-nya.

Foto perjuangan tentara dan relawan kemerdekaan dari Indonesia banyak tersimpan di situs Nederlands Instituut voor Militair Historie (NIMH).

Terdapat tiga orang pejuang yang terduduk di samping sawah. Netizen langsung menyoroti keadaan orang di sampingnya. Kita bisa menyaksikan salah seorang pejuang yang dirawat oleh orang asing.

Potret pejuang kemerdekaan di tahun 1940-an. (Instagram/ potolawas)

Dua orang yang merawat kemungkinan merupakan bagian dari pasukan Belanda atau satuan relawan khusus dari Eropa.

Situs NIMH sendiri juga banyak menyimpan foto mengenai Palang Merah Belanda saat berada di Indonesia pada tahun 1940-an. Netizen mengaku salut dan berterima kasih atas para pejuang kemerdekaan yang sangat berjasa pada Tanah Air.

Tak sedikit netizen mengapresiasi tentara musuh yang ikut merawat pejuang dari Indonesia. Meski sudah mendeklarasikan kemerdekaan di tahun 1945, namun Indonesia diketahui masih harus mempertahankan kemerdekaan pada beberapa tahun setelahnya.

Foto lawas mengenai pejuang kemerdekaan di tahun 1940-an ini menarik perhatian setelah memperoleh lebih dari 4.100 tanda suka dan puluhan komentar dari netizen. Foto jadul tersebut memancing beragam pendapat dari netizen.

Potret pejuang kemerdekaan di tahun 1940-an. (Instagram/ potolawas)

"Muka-muka pemberani, raut wajah mereka nggak menampilkan rasa takut," kata @yo**an.*g.

"Salut, mereka punya hati yang tulus. Pejuang hebat untuk negara ini," komentar @a**ra**na.

"Dalam peperangan sering ditemui, tentara medis (perawat/dokter) justru merawat musuh yang terluka / kritis. Seperti pada PD2, tentara medis sekutu sedang menolong tentara Nazi yang sekarat. Bagaimanapun juga tentara manusia biasa yang masih mempunyai hati nurani atau mungkin juga terkait sumpah profesinya sebagai perawat atau dokter," pendapat @ro**kel*n.

"Jadi sedih, mereka akhirnya hanya ditawan atau dieksekusi ya? (emoticon menangis)," balas @sug**on**hmt. Itulah tadi foto jadul pejuang kemerdekaan di tahun 1940-an yang membuat netizen salut, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Rendy Kjaernett Bilang Ia Mencintai Orang yang Tepat di Waktu yang Salah, Langsung Diceramahi Netizen