Jum'at, 29 Maret 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Senin, 21 Februari 2022 | 09:16 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Gaya pakaian hingga kondisi bangunan jadul bisa memancing memori lama bagi generasi lawas. Sebuah foto jadul mengenai kondisi salah satu pasar di Yogyakarta ini sukses menarik perhatian netizen.

Pengguna Facebook dengan akun bernama Bayu membagikan beberapa foto melalui forum Indonesia Tempoe Doeloe. "Potret nostalgia,suasana Pasar Ngasem, Kecamatan Kraton,Yogyakarta tahun 1980-an," tulis Bayu pada caption-nya.

Salah satu foto sebenarnya merupakan arsip online koleksi KITLV yang tersimpan di Leiden University Libraries. Foto ketika seseorang sedang memandangi sangkar burung itu tak direkam pada 1980-an, melainkan 1979.

"Markt, pasar Ngasem, te Yogyakarta, circa 1979. (Kondisi pasar, Pasar Ngasem, di Yogyakarta, sekitar tahun 1979)," bunyi keterangan yang tertulis pada Leiden University Libraries.

Kita bisa melihat banyak burung yang ditawarkan pada pasar tersebut. Perlu diketahui, Ngasem pernah menjadi pasar burung terbesar di Yogyakarta. Tak hanya burung, beberapa hewan peliharaan lain juga tersedia di pasar tersebut.

Foto jadul Pasar Ngasem ini menarik perhatian netizen. (Facebook/ Indonesia Tempoe Doeloe)

Dikutip dari Wikipedia, Pasar Ngasem telah direlokasi ke Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta atau Pasty yang berlokasi di Jalan Bantul, Dongkelan pada 2010 lalu. Ngasem saat ini tak lagi menjual burung, melainkan produk konsumen saja.

Kita bisa menyaksikan seseorang yang sedang berdiri mengamati burung. Orang ini nampak keren dengan memakai celana panjang model cutbray. Perlu diketahui, cutbray mulai menjadi tren modis bagi perempuan pada pertengahan 1960 di Eropa dan Amerika Utara.

Pasar Ngasem, Yogyakarta di tahun 1979. (Leiden University Libraries)

Mode ini kemudian menyebar ke banyak negara pada tahun 1970-an dan menjadi tren anak muda, baik pria maupun wanita di masanya. Foto jadul mengenai kondisi Pasar Ngasem Yogyakarta pada tahun 1979 ini memancing beragam komentar dari netizen.

"Pakaian zaman dulu kalau dilihat di tahun sekarang kok masih terlihat keren ya," kata Ai**n N**ib.

"Zaman masih kecil dari Kuncen jalan kaki sekitar 3 kilometer cuma mau beli jangkrik..wkwk," kenang Hag**g Nug**ho.

Foto jadul Pasar Ngasem menarik perhatian netizen. (Bahnbilder via Facebook Indonesia Tempoe Doeloe)

"Dulu tahun 2009 pernah ke pasar ini, terus ke bangunan tua di dekat pasar itu kayak lorong-lorong," komentar Ad**ya.

"Badan cowoknya kelihatan atletis, celananya keren," puji Su**ta*i.

"Masih ingat dulu suka ikut nyari kroto di Ngasem harga Rp 2.500 per kilogram. Sekarang cari sarang sudah susah," tulis Sar**diwa*gsa. Itulah tadi foto jadul Pasar Ngasem Yogyakarta yang menarik perhatian netizen, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Netizen Tuding Dirinya Terkena Star Syndrome, Begini Respons Inara Rusli