Sabtu, 27 April 2024
Agung Pratnyawan : Senin, 21 Februari 2022 | 16:08 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Aplikasi PeduliLindungi mendadak lenyap dari Apple App Store telah membuat ramai netizen di media sosial. Menanggapi hal ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengaku sudah mengetahuinya.

Kominfo mengkonfirmasi benar kalau aplikasi ini menghilang dari toko aplikasi Apple, App Store.

Saat ini Kominfo tengah melakukan koordinasi dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terkait hal tersebut, juga dengan Apple untuk mengatasi permasalahan.

"Kementerian Kominfo telah melakukan koordinasi dengan Kementerian Kesehatan terkait dengan status aplikasi PeduliLindungi di App Store," kata Dedy dimuat Suara.com, Senin (21/2/2022).

Dedy mengatakan kalau saat ini terjadi perubahan status PeduliLindungi di App Store. Akibatnya, aplikasi tersebut tidak muncul saat diketik di kolom pencarian.

"Kementerian Kesehatan sedang berkoordinasi dengan pihak Apple Amerika Serikat dan tengah mengusahakan agar PeduliLindungi dapat kembali publik melalui proses reupload aplikasi," sambung Dedy.

Dedy juga mengatakan kalau pengguna iOS di Indonesia bisa mengakses PeduliLindungi melalui link alternatif sembari menunggu proses reupload.

Langkah pertama mengaktifkan aplikasi PeduliLindungi. (HiTekno.com)

"Sembari menunggu proses reupload, para pengguna IOS dapat mengakses link alternatif https://apps.apple.com/us/app/pedulilindungi/id1504600374 untuk langsung terhubung dengan aplikasi PeduliLindungi di App Store," jelasnya.

Sebelumnya diberitakan kalau beberapa pengguna iOS mengeluhkan hilangnya aplikasi PeduliLindungi di App Store. Keluhan mereka ini disampaikan lewat media sosial Twitter.

Berdasarkan pantauan Suara.com di App Store pada Senin (21/2/2022) pukul 11.26 WIB, aplikasi PeduliLindungi memang tak bisa dicari. Namun jika ponsel sudah menginstal PeduliLindungi sebelumnya, aplikasi tetap muncul dan masih mendapatkan pembaruan.

Sementara untuk di toko aplikasi Google Play Store untuk smartphone Android, aplikasi PeduliLindungi masih bisa ditemukan dan diunduh.

Dilaporkan sebelumnya, netizen mulai ramai mempertanyakan hilangnya aplikasi PeduliLindungi dari Apple App Store. (Suara.com/ Dicky Prastya).

BACA SELANJUTNYA

Aplikasi Kalender Jawa, Memudahkan Penanggalan