Kamis, 28 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 01 Maret 2022 | 17:32 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Setelah bocoran sebelumnya mencuat, akhirnya durasi video TikTok resmi diperpajang lagi. Kini platform video pendek ini bisa menampilkan rekaman sampai 10 menit panjangnya.

Sebagai diketahui, awalnya durasi video TikTok hanya 15 detik sja, kemudian berkembang jadi 60 detik. Lalu pada Juli 2021 kemarin, diperpanjang sampai 3 menit.

Dan kini paling baru, platform berbagi video pendek ini memperpanjang sampai 10 menit durasinya.

"Kami selalu mencari cara baru untuk membawa nilai ke dalam komunitas dan memperkaya pengalaman di TikTok," jelas juru bicara TikTok seperti dilansir dari CNet.

Ia menambahkan pada 2021 kemarin TikTok telah berhasil membuat penggunanya lebih kreatif dan lebih terhibur. Harapannya, dengan pembaruan durasi menjadi 10 menit, pengguna akan semakin kreatif lagi.

Ilustrasi TikTok. (Pixabay)

"Hari ini, kami dengan gembira menggulirkan fitur video 10 menit, yang kami harapkan akan membuat para kreator kami di seluruh dunia menjadi lebih kreatif lagi," imbuh dia.

TikTok kini menjelma menjadi salah satu raksasa media sosial dunia, dengan jumlah pengguna aktif per bulan menjadi 1 miliar orang. Popularitasnya bahkan sudah berhasil mengalahkan Facebook dan Instagram.

Dengan menghadirkan video panjang, TikTok diduga ingin bertarung lebih ketat dengan Youtube di pasar video-video berdurasi panjang.

Uniknya, ketika TikTok masuk ke segmen video panjang, para pesaingnya seperti Youtube sendiri dan Instagram justru mengembangkan fitur video pendek.

Instagram misalnya meluncurkan Reels pada 2021 dan di tahun yang sama Youtube memperkenalkan Shorts. Sementara Snapchat sudah lebih dulu dengan Spotlight pada 2020.

Akankah pengguna bisa memanfaatkan durasi video TikTok yang lebih panjang ini dengan lebih kreatif? (Suara.com/ Liberty Jemadu).

BACA SELANJUTNYA

Sedah Marak di TikTok, Apa Itu Roleplay RP dan Dampak Buruknya