Rabu, 24 April 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 17 Maret 2022 | 16:56 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Publik figur, selebriti, hingga influencer ternama ikut terbawa sebagai saksi kasus hukum yang menimpa Doni Salmanan. Setidaknya ada empat selebriti yang dimintai keterangan Bareskrim Polri.

Dilaporkan Suara.com, ada sejumlah publik figur yang diketahui menerima hadiah hingga saweran dari Doni Salmanan. Mulai dari uang cash hingga hadiah barang.

Hal ini membuat para publik figur tersebut harus memenuhi panggilan kepolisian guna penyidikan lebih lanjut tentang aliran dana dari hadiah tersebut . Ada kemungkinan besar polisi akan melakukan penyitaan barang serta uang yang diberikan oleh Doni Salmanan.

Hal ini juga diungkap netizen yang ikut mengomentari soal pemanggilan para artis di Twitter @WagimanDeep212_.

"Ngerik kalau urusan TPPU semua dikosek sama @PPATK, yang ndak tahu apa-apa jadi ikutan repot. Sungguh jauhkan ane dari yang beginian ya Allah," tulis akun ini sebagai keterangan Twitter seperti dikutip Suara.com, Kamis (17/3/2022).

Meski demikian, nyatanya sejumlah publik figur yang mendapat hadiah dari Doni Salmanan memiliki iktikad baik untuk mengembalikan. Berikut nama-nama mereka yang sempat menyatakan siap mengembalikan hadiah Doni Salmanan:

1. Rizky Febrian

Rizky Febian [Muhammad Anzar Anas/Suara.com]

Perkembangan kasus penipuan Doni Salmanan ini dilakukan dengan cara memanggil para publik figur. Salah satunya seperti penyanyi Rizky Febian yang menghadiri pemanggilan kepolisian pada Rabu (16/03/2022) kemarin di Bareskrim Polda Metro Jaya.

Ia datang didampingi oleh pengacaranya untuk memberikan penjelasan tentang dana sebesar Rp 400 juta rupiah yang ia terima dari Doni. Uang itu disebut digunakan untuk membeli minuman racikan penyanyi lagu "Kesempurnaan Cinta" ini.

Iky, begitu panggilan akrabnya, menjelaskan bahwa ia dicecar sebanyak 19 pertanyaan mengenai kasus Doni Salmanan. Hal itu membuatnya lelah. Meski demikian, ia tidak diminta mengembalikan uang Doni, meski sudah siap jika diminta.

2. Reza Arap

Reza Arap penuhi panggilan Mabes Polri, Kamis (17/3/2022) untuk diperiksa sebagai saksi dalam kasus Doni Salmanan. [Adiyoga Priyambodo/Suara.com]

Bukan hanya Rizky Febian, musisi Reza Arap serta juga ikut mendatangi Bareskrim, Kamis (17/03/2022) guna memberikan kesaksian soal uang donasi yang diterima dari Doni. Arap mendapatkan uang sebesar Rp 1 miliar rupiah saat ia sedang live streaming game.

Uang yang diberikan Doni secara cuma-cuma kepada Arap itu sempat viral dan menjadi perbincangan netizen. Kedatangannya ke kantor polisi juga dilakukan guna menjelaskan perihal uang tersebut.

3. Atta Halilintar

Atta Halilintar mendatangi Mabes Polri, Jakarta, Kamis (17/3/2022). [Suara.com/Yoga]

Atta Halilintar, YouTubers terkenal ini juga memenuhi panggilan dari kepolisian. Ia mendatangi Bareskrim pada Kamis (17/03/2022) sekitar pukul 13.18. Dalam kesempatan itu, Atta sudah membawa hadiah dari Doni Salmanan.

Ia mengakui menerima hadiah dari Doni berupa tas Dior saat ulang tahunnya. Tas itu kemudian dibawa ke kantor polisi untuk diperiksa.

Atta pun sebelumnya sudah berjanji untuk mengembalikan tas tersebut. Hal ini  diungkapkannya melalui story Instagram resminya beberapa waktu yang lalu. Ia juga menyatakan siap untuk dimintai keterangan soal hadiah tersebut.

Sementara itu, perwakilan Polri masih akan memeriksa sejumlah nama lagi yang mendapatkan hadiah dari Doni Salmanan. Mereka akan dipanggil ke Bareskrim dalam rangka memberikan keterangan lengkap soal hadiah dari Doni, baik dalam bentuk apapun.

4. Arief Muhammad

Arief Muhammad (kemeja hitam) mendatangi Mabes Polri, Kamis (17/3/2022) dan siap diperiksa dalam kasus Doni Salmanan. [Adiyoga Priyambodo/Suara.com]

Berbeda dengan beberapa selebriti di atas yang menerima hadiah, Arief Muhammad terseret gegara menjual mobil mewah miliknya kedapa Doni Salmanan.

Influencer ini sempat menjual mobil Porsche 911 kepada Doni sebesar Rp 4 miliar rupiah. Arief mengatakan  ia dengan senang hati datang ke Bareskrim untuk memberi penjelasan tentang jual beli mobilnya dengan Doni Salmanan.

Itulah empat selebriti ternama yang diperiksa Bareskrim Polri gegara menerima hadiah hingga melakukan transaksi dengan Doni Salmanan. (Suara.com/ Dea Nabila)

BACA SELANJUTNYA

Punya Puluhan Juta Subscriber, Atta Halilintar Jadi YouTuber Paling Berpengaruh Tahun 2022