Jum'at, 29 Maret 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Selasa, 29 Maret 2022 | 17:13 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Makanan dengan cara pembuatan unik tentu bisa menarik perhatian calon konsumen. Sebuah video mengenai salah satu jajanan India ini sukses bikin netizen salfok.

Pengguna TikTok dengan akun bernama @anakpelosokkalimantan membagikan video saat beberapa orang sedang membuat roti.

"Roti matka, makanan unik khas India," tulis @anakpelosokkalimantan pada caption-nya. Kita bisa melihat para perempuan di dalam video yang sangat terampil dalam membuat olahan roti.

Meski begitu, proses pembuatan roti dengan memanfaatkan lengan tangan langsung bikin netizen salfok. Tanpa menggunakan sarung tangan plastik, mereka langsung mengolah adonan roti dan meletakkannya di atas tempat masak panas.

Agar adonan roti ini dapat memiliki diameter besar, mereka merentangkan adonan dengan memanfaatkan panjang lengan.

Jajanan roti India di pinggir jalan ini bikin netizen salfok. (TikTok/ @anakpelosokkalimantan)

Dikutip dari ZeeZest, roti Matka juga terkenal dengan sebutan roti Randani atau Lambi. Tepung terigu Lokwan dicampur dengan air dan diremas selama satu jam untuk membuat adonan menjadi kental.

Adonan kemudian direntangkan di atas lengan dan disampirkan di atas panci terbalik (randan) bersuhu panas. Seluruh proses membutuhkan waktu 30 detik.

Meski pembuatannya terkadang "dikritisi" oleh netizen luar negeri, termasuk Indonesia, namun jajanan roti ini terkenal di India. Roti Matka dikatakan memiliki rasa yang gurih dan renyah serta dibanderol murah. Sebanyak 25 roti matka bisa dibeli dengan harga sebesar 120 rupee atau Rp 23 ribu.

Ini bukan pertama kalinya jajanan India diperbincangkan netizen. Kita juga pernah melihat video viral mengenai kuah dari jajanan India yang diaduk serta diobok-obok langsung menggunakan tangan.

Jajanan roti India di pinggir jalan ini bikin netizen salfok. (TikTok/ @anakpelosokkalimantan)

Postingan video mengenai jajanan roti dari India tersebut berhasil viral setelah ditonton 20 juta kali dan memperoleh 650 ribu tanda suka. Unggahan video viral ini memancing beragam komentar dari netizen.

"Empat sehat, lima nggak jadi makan," tulis @ Za**u**l.

"Bisa nabung banyak gue kalau tinggal di sana, karena nggak pernah jajan," balas @a**ra**l.

"Asinnya alami sama keringat (emoticon menangis)," tulis @N*c*n.

"Itu kok mirip gombal lapnya..wkwk," kata @Ar**kaWi**ya.

"Ngapain kalian urusin cara buat mereka, kalian juga pasti tahu banyak makanan di Indonesia yang pembuatannya terbilang jorok, tapi toh kalian makan juga," pendapat @Bi**lSe**ei. Postingan video viral mengenai jajanan India tersebut bisa dilihat melalui LINK INI. 

BACA SELANJUTNYA

Gempa M 6.4 Guncang Yogyakarta, Langsung Diikuti Beberapa Gempa Susulan