Kamis, 28 Maret 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Senin, 04 April 2022 | 14:11 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Soekarno merupakan Presiden pertama Republik Indonesia yang sangat disegani hingga sekarang. Sebuah foto lawas yang menampakkan dua sosok putri Soekarno di tahun 1960 ini berhasil memancing perhatian netizen.

Akun Facebook resmi Perpustakaan Nasional membagikan foto mengenai dua bocah cilik saat tersenyum manis. Dua bocah di dalam foto merupakan putri Soekarno saat mereka menatap layar kaca.

Mereka nampak tersenyum ketika wajahnya muncul di layar televisi. Dua orang di dalam foto adalah Rachmawati dan Sukmawati. Perlu diketahui, Soekarno mempunyai lima anak dari pernikahannya dengan Fatmawati.

Beberapa di antaranya adalah Guntur Soekarnoputra, Megawati Soekarnoputri, Rachmawati Soekarnoputri, Sukmawati Soekarnoputri, dan Guruh Soekarnoputra.

Momen dua putri Soekarno ini diambil ketika Presiden pertama RI tersebut sedang mengunjungi pameran Soviet.

Foto jadul dua putri Soekarno di tahun 1960. (Facebook/ Perpustakaan Nasional)

"Ekspresi dua putri Presiden Soekarno yaitu Rachmawati dan Sukmawati ketika melihat dirinya muncul di layar televisi. Kurang lebih kalimat yang dilontarkan begini: 'Aihh...., lihat itu gambar kita ada dalam televisi. Ekspresi kegembiraan terlihat dari raut muka keduanya," tulis akun Perpustakaan Nasional dalam caption-nya.

Netizen langsung menyoroti gaya rambut dari dua putri Soekarno tersebut. Mereka cukup kompak dengan memamerkan rambut model kepang.

Pada beberapa foto jadul antara akhir 1940 hingga 1960-an, kita pernah menyaksikan para gadis yang begitu bangga ketika memiliki rambut kepang.

Dilihat dari laman Nederlands Fotomuseum, deretan foto lawas menampilkan para siswi Sekolah Kepandaian Putri kebanyakan mempunyai gaya rambut kepang dua.

Itu menyuratkan bahwa gaya rambut tersebut pernah tren pada zamannya. Foto jadul dua putri Soekarno di tahun 1960 ini memancing beragam komentar dari netizen.

Foto jadul dua putri Soekarno di tahun 1960. (Facebook/ Perpustakaan Nasional)

"Masih polos dan imut," kata Jo**ni.

"Suatu saat nanti model rambut kepang dua mungkin akan tren kembali," pendapat Alm**ft*.

"Waktu masih kecil saya juga begitu kalau ke toko elektronik yang display demo produk CCTV," komentar Ni**m Per**ta.

"Crazy rich zaman dulu," balas An**k Rah**wan. Itulah tadi foto jadul dua putri Soekarno di tahun 1960, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Ummi Pipik Masih Pakai Cadar Meski Jadi BA, Netizen Sentil Inara Rusli