Selasa, 16 April 2024
Agung Pratnyawan : Jum'at, 08 April 2022 | 16:09 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Gojek dan GoTo Financial membagikan tren bisnis di bulan Ramadhan berdasarkan basis data yang mereka miliki. Hal ini dilakukan sebagai komitmen dalam mendukung mitra usaha untuk terus tumbuh dan #BangkitBersama.

Dalam laporan ini, diungkap tren dan pola konsumen dalam pembayaran, produk ritel dan jasa, hingga food delivery melalui ebook dan series podcast bertajuk Lika Liku Laku.

Berangkat dari situasi pandemi dan ekonomi yang kian membaik, pelaku usaha perlu terus beradaptasi guna meningkatkan transaksi bisnis dan terus menumbuhkan bisnis. Hal ini dapat dilihat dari pola transaksi bisnis yang terus berubah secara dinamis dalam dua tahun terakhir, termasuk pada momen Ramadhan.

Diharapkan mitra usaha dapat menyusun strategi bisnis yang tepat untuk meningkatkan transaksi pada periode Ramadhan dan Hari Raya.

Group Head Merchant Marketing Gojek dan GoTo Financial, Bayu Ramadhan menjelaskan "Seiring aktivitas kegiatan sehari-hari maupun berbelanja yang masih terpusat secara online, tren data menjadi sangat penting dipahami mitra usaha untuk memahami pergeseran pola konsumsi, melakukan adaptasi operasional usaha, hingga dapat membuat inovasi produk selama Ramadhan. Tak hanya itu, mitra usaha dapat menentukan strategi yang efektif selama bulan Ramadhan dengan memahami tren data, termasuk menentukan kapan dan bagaimana meningkatkan penjualan produk dan jasa di berbagai kanal, baik di outlet toko maupun media sosial. Sebagai partner pertumbuhan mitra usaha, Gojek dan GoTo Financial terus berkomitmen hadirkan ragam solusi teknologi dan non-teknologi yang holistik bagi para UMKM dan mitra usaha di berbagai fase pertumbuhan mereka sehingga pada akhirnya dapat mendorong pemulihan ekonomi di Indonesia."

Berdasarkan pembelajaran dari Gojek dan GoTo Financial bersama-sama mitra usaha melewati dua kali Ramadhan selama pandemi, berikut insight dan tips bagi pelaku usaha pada tahun ini berdasarkan data internal Gojek dan GoTo Financial, untuk dapat memaksimalkan transaksi mereka selama bulan Ramadhan.

Tren Pembayaran. (GoTo Financial)

Tren Pembayaran

  • e-wallet masih menjadi mayoritas metode pembayaran konsumen di Indonesia melalui payment gateway Midtrans. Pada Ramadhan 2021, data internal Midtrans menunjukkan bahwa GoPay menjadi metode pembayaran hingga lebih dari 60% transaksi, yang diikuti dengan transfer bank (13.5%) dan kartu kredit (10.5%).
  • Mitra usaha perlu mempersiapkan opsi pembayaran yang lengkap untuk menjangkau segmen konsumen yang lebih luas seiring dengan demand masyarakat ke ke toko offline yang semakin meningkat. Pembayaran menggunakan kartu kredit di toko offline melalui GoBiz PLUS meningkat 46% di bulan Ramadhan 2021, dibandingkan dengan waktu sebelum Ramadhan.
  • Organisasi non-profit memanfaatkan payment gateway untuk meningkatkan penerimaan donasi selama Ramadhan. Transaksi Midtrans untuk kategori donasi meningkat hingga 75% selama Ramadhan 2021.

Tren Produk Ritel dan Jasa

  • Mitra usaha yang berhasil menerapkan strategi yang tepat di bulan Ramadhan berpotensi mendapatkan hasil penjualan yang lebih besar selama Ramadhan dan setelahnya. Terjadi peningkatan penjualan produk fashion & beauty di bulan Ramadhan hingga 285%, dengan dibandingkan bulan-bulan sebelum Ramadhan tahun 2021. Walaupun terjadi penurunan penjualan setelah Ramadhan 2021, rata-rata pendapatan mitra usaha sektor retail fashion & beauty masih lebih tinggi 107% dibandingkan sebelum Ramadhan.
  • Geliat bisnis offline sudah mulai bangkit kembali seiring konsumen mempersiapkan koleksi baju baru untuk lebaran. Pada Ramadhan tahun 2021, belanja konsumen dengan menggunakan GoPay di outlet belanja seperti toko dan mall didominasi oleh belanja produk fashion & beauty, diikuti dengan produk kesehatan dan home goods. Perubahan gaya hidup selama pandemi juga membuat konsumen masih memprioritaskan produk kesehatan dan produk yang dapat menambah kenyamanan di rumah.
  • Usaha produk hiburan digital semakin diminati selama Ramadhan. Ramadhan menjadi momentum bagi penjualan produk-produk digital penunjang gaya hidup, dimana transaksi konsumen Indonesia menggunakan GoPay untuk kategori hiburan meningkat hingga 78%, diikuti oleh produk-produk digital seperti pulsa (16%), dan games (4%).

Tren Pengantaran Makanan

  • Sebagai pilihan pelanggan selama Ramadan, GoFood dapat diandalkan para UMKM dengan menitikberatkan promosi pada kanal media sosial menuju jam-jam tertentu. Mengacu pada Ramadhan 2021 lalu pesanan GoFood meningkat sekitar 17% di jam menjelang maghrib, menambah pesanan yang memang sudah ramai menjelang jam makan malam, dan meningkat 179% di jam sahur, dibandingkan bulan sebelumnya.
  • UMKM dapat berinovasi di GoFood untuk menu-menu makanan dan minuman yang diminati masyarakat untuk takjil dan berbuka puasa. Selain menu jajanan dan aneka minuman yang banyak dipesan sebagai takjil, menu favorit selama Ramadan berupa makanan pokok yaitu (1) Aneka nasi, (2) Makanan siap saji, dan (3) aneka ayam-bebek. Uniknya, makanan Internasional seperti Pizza, Pasta dan aneka makanan Jepang juga mendapatkan tren pesanan yang tinggi.
  • UMKM mengandalkan promosi melalui GoFood untuk meningkatkan basket size dan jangkau pelanggan lebih jauh. Pada Ramadan 2021, banyak mitra usaha yang menggunakan promo diskon keseluruhan (Cart Discount) untuk menarik pelanggan agar membeli banyak menu dalam sekali transaksi dan juga promo diskon ongkos kirim, untuk pelanggan yang memesan sendiri maupun untuk pelanggan yang memesankan makanan untuk orang terkasih lewat fitur ganti lokasi. Agar UMKM terus menjadi pilihan bagi pelanggan, GoFood turut menghadirkan promo Pasti Ada Promo selama bulan Ramadhan 2022.

Zyta, Founder dari Zytadelia, usaha fesyen lokal yang menggunakan Midtrans, payment gateway terdepan bagian dari GoTo Financial, mengatakan "Ramadan menjadi bulan yang spesial bagi saya pribadi dan juga bisnis Zytadelia, dimana pelanggan beramai-ramai mencari produk-produk hijab dan busana lainnya yang kami tawarkan. Sejak berpartner bersama Midtrans sejak 2019 untuk situs zytadeliastore.com, insight dari sisi pembayaran maupun perilaku konsumen yang selama ini dibagikan Gojek dan GoTo Financial saat Ramadan maupun setelahnya dapat memberikan gambaran besar transaksi maupun masalah umum yang dihadapi para penjual. Sehingga berbekal pola pembayaran yang dilakukan konsumen, kami dapat mempersiapkan diri menyambut Ramadan 2022 ini dengan strategi produksi dan penjualan yang tepat."

Selain pengetahuan bisnis berbasis data melalui ebook, Gojek dan GoTo Financial juga menghadirkan series podcast Lika Liku Laku melalui ragam kanal media digital sejak awal 2022 bagi mitra usaha dalam ekosistem, yang mengundang para pelaku dan pakar bisnis untuk membahas seluk-beluk berbisnis pada era digital.

Tak hanya edukasi maupun konsultasi usaha dengan para ahli mengenai tren bisnis, Gojek dan GoTo Financial juga mendorong peningkatan kapabilitas penting era digital, pendampingan, hingga perluasan jaringan usaha melalui kelas dan komunitas di bawah naungan Akademi Mitra Usaha Gojek dan GoTo Financial (KAMUS).

Bayu menambahkan "Di tengah berbagai tantangan ekonomi, kami melihat resiliensi mitra usaha Gojek dan GoTo Financial. Dengan semangat mengapresiasi mitra usaha yang berusaha maksimal untuk mengembalikan keberkahan Ramadan, Gojek dan GoTo Financial senantiasa membantu mitra usaha kami agar terus produktif dan saling belajar dari berbagai lika liku dunia usaha agar semakin laku dalam berjualan. Series podcast Lika Liku Laku semakin relevan sebagai sumber informasi tren usaha di bulan Ramadan 2022, saat terjadi relaksasi dalam berbagai sektor industri. Hal ini selaras dengan dukungan GoTo untuk menyukseskan Presidensi G20 Indonesia dengan tema "Recover Together, Recover Stronger", lewat komitmen GoTo untuk mendukung pemerintah mendorong transformasi digital dan pemulihan ekonomi dengan memberdayakan UMKM dan pelaku usaha melalui ekosistemnya."

Sebagai partner pertumbuhan mitra usaha, Gojek dan GoTo Financial telah membantu jutaan mitra usaha dari skala mikro hingga skala besar untuk beradaptasi secara digital.

Melalui ragam solusi, mitra usaha dapat menerima pembayaran non tunai baik offline maupun online (melalui GoPay, GoBiz PLUS, Midtrans), melakukan efisiensi operasional usaha (melalui Selly, GoBiz, Moka, dan GoKasir), mengoptimalkan pemasaran dan kanal penjualan (melalui GoFood dan GoStore), mengakses pinjaman usaha yang mudah (GoModal), dan jangkau pelanggan dengan nyaman (melalui GoSend).

BACA SELANJUTNYA

Manfaat Digital Marketing dalam Memulai Bisnis Jasa