Rabu, 17 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Sabtu, 09 April 2022 | 14:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Setiap generasi biasanya memiliki gaya yang pernah tren pada zamannya. Sebuah foto jadul yang menampakkan anggota Pramuka di tahun 1970-an ini sukses menarik perhatian netizen.

Pengguna Facebook dengan akun bernama Andreas Andi membagikan foto lawas melalui forum Indonesia Tempoe Doeloe.

"Seorang pembina Pramuka dengan anggotanya," tulis pengunggah postingan pada caption-nya. Foto lawas itu diperkirakan diambil pada tahun 1970-an. Kita bisa melihat seorang cowok berseragam Pramuka lengkap di sebelah kiri.

Sosok perempuan berambut agak panjang nampak menemani cowok itu saat berfoto. Ia memakai topi dan mengenakan rok di atas lutut. Penampilan tersebut cukup berbeda dibanding seragam Pramuka perempuan di zaman modern.

Beberapa foto jadul yang tersimpan di Leiden University Libraries tahun 1970-an hingga awal 1980-an memang menampakkan anggota Pramuka dengan rok di atas lutut.

Foto jadul anggota Pramuka. (Nationaal Archief via Facebook Indonesia Tempoe Doeloe)

Belum diketahui mengenai identitas perempuan di dalam foto, namun sosok pria pada foto lawas diprediksi berasal dari Kwarcab Jombang. Akun Facebook bernama Wahono pernah mengaku bahwa sosok cowok di dalam foto merupakan dirinya.

"Foto saya tahun 1972 waktu mengantar 99 anggota Pramuka Kwarcab Jombang transmigrasi ke Way Abung Lampung Utara," tulis Wahono pada forum Komunitas Foto Tempoe Doeloe. Koleksi foto zaman muda milik Wahono sangat mirip dengan sosok cowok di dalam foto jadul tersebut.

Dalam sebuah foto saat ia berseragam Pramuka, Wahono menceritakan bahwa ia ketika itu memasuki usia 20 tahun. Foto jadul anggota Pramuka dan pembinanya di tahun 1970-an ini memancing beragam komentar dari netizen.

Foto jadul anggota Pramuka tahun 1970-an. (Facebook/ Indonesia Tempoe Doeloe)

"Ini pasti kakak pembina paling populer dan keren di angkatannya," tulis Yat**a**e R**ez.

"Terlihat lebih bebas dan percaya diri," balas Hu**n Ba**ad.

"Pramuka zaman dulu memang pakaiannya seperti itu tapi nggak semuanya roknya pendek, ada juga yang di bawah lutut termasuk saya zaman tahun 80-an dan ikut Pramuka tapi saya menggunakan rok yang agak panjang atau di bawah lutut," pendapat An**ha P**ri.

"Dulu ada cerita pemberangkatan transmigrasi asal Jombang (tempat saya lahir dan besar) menggunakan upacara dan atribut Pramuka, seperti semangat Pramuka digunakan untuk menggerakkan mobilitas transmigran dan menjemput harapan di tanah baru," kenang R**yid Az**r.

"Seragam ceweknya seperti di Jepang. Zaman dulu sudah ada Wibu ternyata wkwk," komentar Alf**iz Mu*a. Itulah tadi foto jadul anggota Pramuka di tahun 1970-an yang menarik perhatian netizen, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Gempa M 6.4 Guncang Yogyakarta, Langsung Diikuti Beberapa Gempa Susulan