Senin, 28 November 2022
Rezza Dwi Rachmanta : Jum'at, 15 April 2022 | 15:36 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Tukang parkir kerap ditemui pada destinasi favorit atau tempat keramaian di pinggir jalan. Sebuah foto jadul mengenai calon juru parkir di Jakarta tahun 1974 ini berhasil menarik perhatian netizen.

Akun Facebook resmi Perpustakaan Nasional RI membagikan postingan mengenai sosok calon juru parkir. Rupanya seseorang di dalam foto tersebut sedang mengikuti pelatihan untuk menjadi tukang parkir resmi.

Pria itu nampak memakai topi koboi dan sepatu PDH dengan tampilan cukup klimis. Ia menatap kamera sembari membawa gelas yang terikat di sampingnya.

"Berikut ini potret siswa calon juru parkir yang masih mengikuti pelatihan di Jakarta tahun 1974. Selain memakai seragam dan topi mirip koboy, sejumlah siswa calon juru parkir PT. Parkir Jaya nampak membawa gelas yang terikat pada ikat pinggangnya. Gelas tersebut bukanlah aksesori seragam melainkan hanya alat minum biasa. Para siswa ini digembleng selama seminggu mengenai pengetahuan dan praktek kerja perparkiran," tulis akun Perpustakaan Nasional.

Foto tersebut pernah dimuat di salah satu surat kabar pada Juli 1974. Itu merupakan bagian dari Koleksi Layanan Surat Kabar Langka Perpustakaan Nasional RI (Skala Team).

Foto calon juru parkir tahun 1974 menarik perhatian netizen. (Facebook/ Perpustakaan Nasional)

Tak sedikit netizen yang salfok dengan penampilan keren seorang juru parkir tersebut. Beberapa di antaranya memuji sistem parkir yang dianggap tertata rapi pada zamannya.

Netizen berpendapat bahwa zaman sekarang banyak tukang parkir liar atau ilegal yang tiba-tiba menarik uang di tempat tertentu.

Postingan foto mengenai calon juru parkir tersebut berhasil viral setelah dibagikan puluhan kali. Foto unik calon juru parkir ini memancing beragam dari netizen.

"Tukang parkir pro player," canda M**ki**o.

"Sampai ada PT-nya segala. Benar-benar teratur di masa itu," komentar Ham**h Zak**ia.

Foto calon juru parkir tahun 1974 menarik perhatian netizen. (Facebook/ Perpustakaan Nasional)

"Kalau sekarang mayoritas asal punya sempritan sudah bisa jadi jukir..wkwk," pendapat Fa**i P**ro.

"Zaman dulu tertata ya. Sekarang tukang parkir cuma paham minta uang saja," balas O**jie.

"Tukang parkir zaman sekarang kebanyakan termasuk makhluk gaib. Saat kita datang nggak ada, tapi saat kita mau cabut tiba-tiba sudah nongol di sebelah. Semacam sakti aja mereka," ungkap W**i Ea*t. Itulah tadi foto jadul calon juru parkir di tahun 1970-an, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Lihat Suporter Cantik di Piala Dunia 2022 Ini, Netizen: Jadi Ngefans Timnas Korsel