Senin, 29 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Rabu, 20 April 2022 | 15:22 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Acara TV lawas dapat membuat netizen bernostalgia kenangan di masa lampau. Sebuah acara TVRI di tahun 1980-an ini berhasil menarik perhatian netizen.

Pengguna Facebook dengan akun bernama Urif Tupang membagikan video yang menampilkan acara TV pada puluhan tahun lalu.

Postingan juga dibagikan ulang melalui forum Facebook Indonesia Tempoe Doeloe. "Jangan baper ya, TVRI hari Rabu 10 Juli 1985," tulis Urif Tupang pada caption-nya.

Kita bisa melihat seorang pembawa acara TV yang mengenakan kebaya dengan model rambut sanggul. "Demikian kami dapat menyelenggarakan acara siaran hari Rabu tanggal 10 Juli 1985. Akhirnya kami ucapkan selamat malam dan selamat beristirahat," kata pembawa acara tersebut. Acara berita langsung diikuti oleh lagu berjudul Rayuan Pulau Kelapa.

Postingan video mengenai acara TVRI 1980-an ini berhasil viral setelah dibagikan ratusan kali oleh netizen. Dikutip dari Wikipedia, Televisi Republik Indonesia (TVRI) merupakan jaringan televisi pertama di Indonesia yang mengudara pada 24 Agustus 1962.

Ilustrasi Dunia Dalam Berita TVRI. (YouTube/ Sanggar Cerita)

TVRI sempat memonopoli siaran televisi di Indonesia hingga tahun 1989. Ini berarti masyarakat pada masa itu hanya memiliki tontonan acara dari TVRI saja.

Generasi lawas pasti mengingat acara TVRI legendaris seperti Si Unyil, Aneka Ria Safari, hingga Dunia Dalam Berita. Dilihat dari channel YouTube Sanggar Cerita, Dunia Dalam Berita TVRI merupakan acara yang menayangkan berbagai berita internasional.

Acara berita ini memiliki lagu penutup sangat khas yang menemani waktu sebelum tidur masyarakat. Postingan viral mengenai acara TVRI di tahun 1980-an ini memancing beragam komentar dari netizen.

Ilustrasi acara TVRI 1980-an. (Facebook Urif Tupang via Indonesia Tempoe Doeloe)

"Cantik penyiarnya pakai kebaya," kata N**u Am*r.

"Masa yang tenteram, masyarakat masih memegang teguh tata krama dalam berbahasa dan bertingkah laku," pendapat O**sif**us D**iel.

"Ini siaran pamungkas TVRI setelah lagu itu diputar tandanya siaran TV akan hilang siaran..wkwk," kenang B**n L*e.

"Sebelum ada stasiun TV lain, TVRI lah yang paling bersejarah," komentar En**ng S**era. Postingan video viral mengenai acara TVRI 1980-an bisa dilihat melalui LINK INI. 

BACA SELANJUTNYA

Gempa M 6.4 Guncang Yogyakarta, Langsung Diikuti Beberapa Gempa Susulan