Sabtu, 27 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Minggu, 24 April 2022 | 13:51 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Foto lawas bisa memberikan pesan terkait betapa besarnya perjuangan masyarakat setelah Indonesia mencapai kemerdekaan mengingat ekonomi belum sepenuhnya membaik. Sebuah foto jadul mengenai bocah di tahun 1940-an ini sukses menarik perhatian netizen.

Sebagian besar netizen langsung merasa terenyuh saat memandang salah seorang bocah di dalam foto. Akun fanspage @potolawasofficial membagikan potret jadul bocah laki-laki yang sedang makan dengan lahap.

"Potret seorang anak laki-laki Indonesia makan dengan menggunakan daun pisang, sekitar Maret, 1948," tulis @potolawasofficial pada caption-nya.

Foto jadul ini merupakan salah satu arsip online yang tersimpan di laman Nationaal Archief Belanda. Mengingat kondisi masih hitam putih, pemilik akun @dikolloran lantas mewarnai foto tersebut.

Kita bisa menyaksikan banyak orang yang sedang berkumpul di sebuah tempat. Seorang emak berjarit batik dan beberapa orang berpakaian sederhana terlihat di tempat itu.

Foto jadul bocah 1940-an ini bikin netizen terenyuh. (Nationaal Archief via Instagram @potolawasofficial)

Netizen langsung salfok dengan bocah yang tersorot kamera pada bagian depan. Ia nampak menatap kamera saat sedang menikmati nasi dengan lahap.

Netizen auto terenyuh ketika melihat bocah tersebut makan nasi tanpa lauk. Ini bukan pertama kalinya foto jadul memperlihatkan kondisi masyarakat dengan ekonomi belum begitu baik.

Pada foto viral sebelumnya, kita pernah menyaksikan momen bocah berpakaian compang-camping saat sedang antre menanti makanan. Sang bocah yang direkam pada tahun 1947 ini terlihat sedang membawa kaleng ransum dari tentara.

Foto jadul mengenai bocah yang sedang menikmati makanan di tahun 1940-an tersebut memancing beragam komentar dari netizen.

Foto bocah 1940-an ini bikin netizen terenyuh. (Nationaal Archief via Instagram @potolawasofficial, colorize by @dikolloran)

"Nggak pakai lauk (emoticon menangis)," kata @mu**isa**i.

"Nasi adalah makanan mewah pada masa itu. Walau dimakan tanpa lauk terlihat wajahnya penuh dengan rasa syukur," pendapat @st**y**27.

"Kalau masih hidup dia kemungkinan umurnya sekitar 84-an. Kakek siapa hayo. Eyangnya siapa nih," komentar @wah**budi**76.

Foto bocah berpakaian lusuh di tahun 1947. (Instagram/ potolawasofficial sumber: koleksi Negatieven Mariniersbrigade)

"Saat ini kita masih banyak yang kurang bersyukur meski lauk berlimpah," balas @di**sp**ma.

"Makan bang gaya lawas," tulis @it**ped*a. Itulah tadi foto jadul bocah tahun 1940-an yang bikin netizen terenyuh, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Nia Ramadhani Ngaku Punya Penampilan Awet Muda, Netizen Beri Komentar Nyinyir Begini