Kamis, 02 Mei 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Kamis, 05 Mei 2022 | 13:57 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Indonesia baru saja kehilangan aktris senior berpengalaman yang meraih banyak penghargaan. Foto jadul Mieke Wijaya ini berhasil menarik perhatian netizen.

Akun Facebook resmi Perpustakaan Nasional membagikan foto lawas yang memperlihatkan masa muda Mieke Wijaya. Aktris senior itu telah membintangi lebih dari 70 film selama lima puluh tahun berkarir di industri hiburan Tanah Air.

Ia memulai debut pada film berjudul "Gagal" di tahun 1955. Popularitas Mieke Wijaya melesat setelah tampil sebagai salah satu karakter utama dalam film Tiga Dara (1956).

Film musikal komedi tersebut menampilkan tiga karakter utama yaitu Nunung (Chitra Dewi), Nana (Mieke Wijaya) dan Nenny (Indriati Iskak).

Dikutip dari Suara.com, Mieke Wijaya meninggal pada Selasa (3/5/2022) malam. Informasi soal Mieke Wijaya meninggal dunia tersebar di kalangan pewarta lewat pesan singkat.

Foto jadul Mieke Wijaya menarik perhatian netizen. (Facebook/ Perpustakaan Nasional)

Kemampuan akting Mieke terbukti lewat tiga Piala Citra yang ia menangkan pada 1967, 1975 dan 1981. Masing-masing penghargaan didapat lewat perannya dalam film Gadis Kerudung, Ranjang Pengantin dan Kembang Semusim.

"Dunia hiburan Tanah Air, baru saja kehilangan sosok artis senior yaitu Mieke Wijaya. Mieke Wijaya lahir di Bandung pada 17 Maret 1940. Ia mengawali karir keartisannya sebagai penyanyi di RRI Palembang. Memulai debutnya di dunia film pada tahun 1955 dengan film pertamanya berjudul 'Gagal', kemudian disusul Tiga Dara (1956) yang semakin melambungkan namanya," tulis akun Facebook Perpustakaan Nasional.

Postingan foto jadul Mieke Wijaya berhasil viral setelah dibagikan puluhan kali oleh netizen. Perpustakaan Nasional RI diketahui pernah bekerja sama dengan Sinematek Indonesia dalam meluncurkan situs web khusus yang berisi tokoh perfilman Indonesia, Mieke Wijaya.

Foto jadul Mieke Wijaya menarik perhatian netizen. (Facebook/ Perpustakaan Nasional)

Foto jadul Mieke Wijaya ini merupakan salah satu arsip sebagai bagian dari Koleksi Langka Perpustakaan Nasional RI (SKALA-Team).

Tak sedikit netizen yang mengenang Mieke Wijaya saat berperan menjadi Bu Broto di serial TV berjudul Losmen. Serial TV ini tayang di TVRI dan cukup populer di tahun 1980-an. Unggahan foto lawas yang menampilkan masa muda Mieke Wijaya memancing beragam komentar dari netizen.

Situs web khusus mengenai Mieke Wijaya. (miekewijaya.perfilman.perpusnas.go.id)

"Aktris multi peran. Semoga indah pada akhirnya," kata Im** Mas**r.

"Selamat jalan Bu Broto," ungkap Mul**r Setya**di.

"Nana menyusul kakaknya, Nunung. Kini di Tiga Dara hanya ibu Indriati Iskak seorang saja sebagai Neni," komentar Re** Ma**sa.

"Bu Broto Losmen. Semoga berada pada tempat yang indah di sisi-Nya," doa Je**i Ef**di. Foto jadul Mieke Wijaya membuat netizen generasi lawas merasa kehilangan dengan aktris favorit di era 1950 hingga 1980-an.

BACA SELANJUTNYA

Apa yang Ditawarkan JKIND di GIIAS 2023?