Senin, 29 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Selasa, 10 Mei 2022 | 11:07 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Arsip dan poster jadul memiliki nilai sejarah tersendiri bagi generasi puluhan tahun yang akan datang. Sebuah poster perusahaan pelayaran dari Belanda tahun 1911 ini sukses menarik perhatian netizen.

Pengguna Facebook dengan akun bernama Augustian membagikan postingan menarik melalui grup Foto Noesantara Doeloe. Postingan berhasil viral di media sosial setelah dibagikan puluhan kali oleh netizen.

"Iklan perusahan pelayaran Belanda Stoomvaart-Maatschappij 'Nederland' (SMN) tahun 1911, rute Amsterdam - Jawa ( Batavia atau Surabaya)," bunyi keterangan di dalam postingan.

Netizen langsung menyoroti betapa besar dan megahnya kapal pelayaran lintas benua tersebut. Tak sedikit netizen merasa kagum dengan rute pelayaran yang terpampang pada poster jadul ini.

Beberapa wilayah yang disinggahi oleh kapal itu termasuk Amsterdam (Belanda), Southampton (Inggris), Lisbon (Portugal), Tangier atau Tanger (Maroko), Aljir (Aljazair), Genoa (Italia), Mesir, Colombo (Sri Lanka), Sabang (Sumatera, Indonesia), Singapura, dan Jawa (Indonesia).

Poster perusahaan Kapal Uap Belanda tahun 1911 (Netherland Line, Booklet SMN via Facebook Noesantara Doeloe)

Dikutip dari Wikipedia, Stoomvaart Maatschappij Nederland (Perusahaan Kapal Uap Belanda) atau SMN, dikenal dengan Jalur Nederland adalah sebuah jalur pelayaran Belanda yang beroperasi dari tahun 1870 hingga 1970.

Beberapa perusahaan akhirnya akan bergabung yang nantinya menjadi Royal Nedlloyd. SMN didirikan pada 13 Mei 1870 di Amsterdam untuk mendukung perdagangan antara Eropa Barat Laut hingga Hindia Belanda (Indonesia) melalui Terusan Suez. Poster jadul perusahaan pelayaran Belanda di tahun 1911 ini memancing beragam komentar dari netizen.

"Pasti yang naik kapal orang kaya semua," kata Mus**fa Am**r.

Poster perusahaan Kapal Uap Belanda tahun 1911 (Netherland Line, Booklet SMN via Facebook Noesantara Doeloe)

"Keren, Amsterdam - Jawa sekitar 60 hari kali ya di zaman itu," pendapat So**ar*o.

"Titanic tenggelam tahun 1912. Satu tahun setelah iklan ini dibuat," balas C** Ang*n.

"Mantap kakek buyut zaman dulu naik haji ke Saudi juga naik kapal itu dan mukim di Mekkah 5 tahun," komentar E** Yu**b.

"Hebat, desain kapalnya mirip Titanic," puji Ju**an*s. Itulah tadi poster jadul perusahaan pelayaran Belanda dengan rute Amsterdam - Jawa yang menarik perhatian netizen, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Ummi Pipik Masih Pakai Cadar Meski Jadi BA, Netizen Sentil Inara Rusli