Jum'at, 29 Maret 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Rabu, 11 Mei 2022 | 09:42 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Terdapat pepatah yang menyatakan bahwa tulisan tangan dapat menggambarkan kepribadian seseorang. Sebuah penampakan surat lamaran kerja jadul pada tahun 1970-an ini sukses menarik perhatian netizen.

Pengguna Facebook dengan akun bernama Tanto Flash membagikan postingan menarik melalui grup INDONESIA TEMPO DOELOE.

"Surat lamaran bapak saya ke perusahaan pelayaran asing tahun 1971," tulis Tanto Flash pada caption-nya. Postingan berhasil viral di Facebook setelah memperoleh lebih dari 10 ribu tanda suka dan dibagikan 2 ribu kali.

Ratusan netizen mengaku kagum dan terkesima dengan tulisan tangan yang ada pada surat lamaran tersebut. Kita bisa melihat sebuah kertas cukup usang dengan beberapa robekan di sekelilingnya.

Surat lamaran kerja itu ditulis oleh seorang pria bernama Affan pada Minggu, 7 Maret 1971. Pria tersebut menawarkan diri untuk melamar sebagai salah satu staf atau awak kapal di perusahaan pelayaran asing.

Surat lamaran kerja tahun 1970-an. (Facebook/ Tanto Flash via INDONESIA TEMPO DOELOE)

Ia juga memberikan beberapa deskripsi termasuk nama, kelahiran, kewarganegaraan, agama, pendidikan, dan pengalaman kerja.

Meski begitu, pria ini nampak masih mengosongkan kolom pengalaman kerja. Banyak netizen menganggap bahwa surat lamaran kerja itu mempunyai gaya tulisan tangan rapi dan indah. Beberapa foto jadul sebelumnya kerap menampakkan tulisan orang tempo dulu dengan gaya cukup rapi.

Akun Facebook Tanto Flash turut memperlihatkan foto keluarganya di tahun 1969. Sang ayah, Affan, telah memiliki tiga orang anak pada tahun tersebut. Postingan surat lamaran kerja di tahun 1970-an ini memancing beragam komentar dari netizen.

Surat lamaran kerja tahun 1970-an. (Facebook/ Tanto Flash via INDONESIA TEMPO DOELOE)

"Kalau tahun segitu, nggak banyak orang yang mengerti bahasa Inggris dan sekolah tinggi (SMA saat itu tinggi). Beliau termasuk orang hebat," pendapat Nah**n Su**sna.

"Meski tak sempurna, bahasa Inggrisnya termasuk bagus, tulisan sangat rapi. Bukti nyata mutu dan kualitas orang zaman dulu," komentar Perdana Faizal.

"Masya Allah, tulisan tangannya sangat indah," ungkap Su**e S**ji.

"Bentuk tanda tangan yang dieksekusi dari tangan elegan, memberi arti bahwa bapak ini mempunyai jiwa seni tulis yang tinggi," balas Mu**as Ah**d.

"Masih penasaran, kenapa orang-orang zaman dulu punya tulisan bagus dan rapi ya?" tanya Misr**du penasaran. Itulah tadi postingan surat lamaran kerja tahun 1970-an yang menarik perhatian netizen, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Gempa M 6.4 Guncang Yogyakarta, Langsung Diikuti Beberapa Gempa Susulan