Jum'at, 29 Maret 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Rabu, 18 Mei 2022 | 17:03 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sepeda pernah menjadi "kendaraan mewah" pada puluhan tahun lalu. Sebuah foto mengenai nota pembelian sepeda jadul tahun 1980-an berhasil menarik perhatian netizen.

Pengguna Facebook dengan akun bernama Ramdhan Nurhanif membagikan nota pembelian sepeda melalui forum INDONESIA TEMPO DOELOE. "Nemu kwitansi pembelian sepeda punya simbah," tulis Ramdhan Nurhanif pada caption-nya.

Kuitansi tersebut dikeluarkan oleh Persatuan Penjual Sepeda Kutoarjo (PPSK). Sepeda merek Fongers itu nampak dibeli pada Januari 1980.

"Telah terima uang sebanyak enam belas ribu rupiah untuk membayar sepeda laki-laki merek Fongers. Terbilang Rp 16 ribu," bunyi keterangan pada kuitansi jadul.

Beberapa kelengkapan yang disebutkan termasuk "lampu, rem, vrywiel, kunci, bel, dan begage". Kuitansi itu turut menyertakan meterai tempel senilai sepuluh rupiah.

Nota pembelian sepeda jadul tahun 1980-an. (Facebook Ramdhan Nurhanif via INDONESIA TEMPO DOELOE)

Dikutip dari Wikipedia, sepeda onthel atau sepeda unta merupakan sebuah tipe sepeda standar dengan ban ukuran 28 inchi yang biasa digunakan oleh masyarakat perkotaan sampai akhir tahun 1970-an.

Beberapa merek sepeda premium yang pernah masuk ke Indonesia di periode 1970-an dan 1980-an termasuk Fongers, Gazelle dan Sunbeam.

Kemudian pada segmen di bawahnya diisi oleh beberapa merek terkenal antara lain seperti Simplex, Burgers, Raleigh, Humber, Rudge, Batavus, Phillips dan NSU.

Netizen menyoroti keawetan tinta dan juga banderol harga sepeda tersebut. Meski Rp 16 ribu terlihat murah di zaman modern, namun banderol itu tergolong mahal pada 1980-an. Foto jadul nota pembelian sepeda jadul ini memancing beragam komentar dari netizen.

Nota pembelian sepeda jadul tahun 1980-an. (Facebook Ramdhan Nurhanif via INDONESIA TEMPO DOELOE)

"Bukan cuma sepeda, dulu radio dan TV juga kena pajak," kata Do**er* Su**u.

"Kalau lihat meterai, sepedanya lumayan mahal. Kisaran Rp 16 juta kalau sekarang," pendapat K**swo**.

"Zaman itu sepeda termasuk barang mewah. Di beberapa wilayah harus ada surat lengkap supaya bisa meluncur di jalan," balas Chr**na K**bi.

"Pulpennya hebat, tinta masih kebaca sampai sekarang," komentar D**y Mat**am.

"Langka ini. Laminating bro, jangan sampai rusak," ujar Wah**d*. Itulah tadi foto nota pembelian sepeda jadul di tahun 1970-an yang menarik perhatian netizen, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Keunggulan Mesin Motor Berteknologi Karburator dalam Modifikasi