Sabtu, 20 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Senin, 23 Mei 2022 | 09:57 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Indonesia memiliki beberapa sekolah khusus pada periode sebelum kemerdekaan. Sebuah foto jadul mengenai sekolah sains di Yogyakarta pada tahun 1930-an ini berhasil menarik perhatian netizen.

Akun fanspage Potret Sejarah Indonesia membagikan foto yang menampilkan seorang guru saat sedang bercengkerama dengan perempuan di dekatnya.

Foto lawas itu merupakan salah satu arsip online yang tersimpan di Leiden University Libraries. "Europese lerares (links) van de huishoudschool te Jogjakarta. (Guru Eropa dari sekolah sains dalam negeri di Yogyakarta)," tulis Leiden University Libraries pada keterangannya.

Terdapat sekitar 200 foto pada Leiden University Libraries yang menampilkan pemandangan di sekolah sains. Beberapa foto memperlihatkan sekolah sains yang berada di Yogyakarta, Semarang, Papua, dan Rantepao (Toraja Utara, Sulawesi Selatan).

Kita bisa menyaksikan banyak murid di sekolah tersebut yang mengenakan kebaya dan jarit batik. Foto guru Eropa dan sang murid di Yogyakarta ini cukup berbeda dibanding foto lawas lainnya.

Seorang guru Eropa dan muridnya di Yogyakarta tahun 1933. (Leiden University Libraries via Facebook Potret Sejarah Indonesia)

Banyak netizen menyoroti senyuman yang tercipta pada foto jadul tersebut. Sebagian foto jadul diketahui jarang menampilkan senyuman dari objek fotonya.

Tak sedikit netizen menilai bahwa murid di sekolah itu mempunyai senyuman manis. Foto jadul guru dari Eropa dan muridnya di Yogyakarta ini memancing beragam komentar dari netizen.

"Senyumnya manis banget," kata M**z*e.

"Mungkin zaman ini daster diperkenalkan ke emak-emak," balas Hu**iry H**i.

Potret sekolah di Yogyakarta tahun 1930-an. (Leiden University Libraries)

"Senang sekali lihat perempuan di foto itu sedang tersenyum. Kebanyakan foto biasanya punya ekspresi sedih," pendapat E** B**iya**o.

"Senegatif apapun penjajah, mereka juga telah memberikan kontribusi dalam peradaban manusia," balas Ol**ei*a.

"Biasanya di foto pada tegang tapi ini beda banget," tulis Sh**a A**ad. Itulah tadi foto jadul guru Eropa di sekolah sains pada tahun 1930-an, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Viral Foto Rendy Kjaernett Makan Mi Bareng Wanita Misterius, Netizen: Jelas Si Syahnaz