Rabu, 17 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Selasa, 24 Mei 2022 | 11:22 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Setiap periode biasanya memiliki ciri khas atau gaya yang pernah tren pada masa itu. Sebuah foto jadul mengenai pedagang makanan di Bandung pada tahun 1935 ini sukses menarik perhatian netizen.

Akun fanspage Potret Sejarah Indonesia membagikan foto lawas yang menampilkan penjualan makanan di pinggir jalan. "Penjual makanan di pinggir jalan Bandoeng, sekitar tahun 1935. Kira-kira itu jual makanan apa ya?" tulis Potret Sejarah Indonesia.

Akun fanspage ini mengunggah ulang arsip yang tersimpan di Leiden University Libraries. "Eetstalletje op straat, Bandoeng. (Warung kaki lima, Bandung)," bunyi keterangan pada Leiden University Libraries.

Laman perpustakaan online menyimpan ratusan foto daerah Bandung pada periode 1910 hingga 1960. Deretan foto menampilkan kegiatan orang lokal, bangsawan Belanda, bangunan tempo dulu, dan juga orang Indo-Eropa.

Foto jadul menampilkan pedagang dengan gaya pakaian cukup trendi pada masanya. Penjual makanan itu mengenakan topi model koboi, pakaian lengan panjang dan juga celana bermotif batik.

Penjual makanan di Bandung tahun 1935. (Facebook/ Potret Sejarah Indonesia)

Kita bisa menyaksikan seorang pembeli yang sedang menikmati makanan. Netizen turut menyoroti bahwa pedagang makanan ini terlihat tak memakai alas kaki.

Pemandangan orang yang tak memakai alas kaki kerap terekam pada banyak foto jadul di bawah tahun 1950. Unggahan foto lawas ini memancing beragam komentar dari netizen.

"Bandung dari dulu rupanya memang tempatnya kuliner," kata B**bang I**wan.

"Gaya si penjual makanan keren. Pakai topi dan blazer. Tapi sayang nggak pakai sandal," komentar Kar**sy**a.

Penjual makanan di Bandung tahun 1935. (Facebook/ Potret Sejarah Indonesia)

"Bajunya sudah bagus-bagus ya, salut," puji Ma**ia**i.

"Paling si bapak ini jualan lontong kari," pendapat Pur**wa**o.

"Kalau lihat tutup dandangnya malah mirip dandang kekinian zaman modern," ungkap Pe**k Ba**um**an. Itulah tadi foto jadul pedagang makanan di Bandung pada tahun 1935 yang menarik perhatian netizen, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Nia Ramadhani Ngaku Punya Penampilan Awet Muda, Netizen Beri Komentar Nyinyir Begini