Jum'at, 29 Maret 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Rabu, 25 Mei 2022 | 10:09 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Banyak foto lawas yang menampilkan kalangan elit saat sedang berkuda dengan gaya cukup keren. Salah satu foto jadul mengenai wanita yang naik kuda pada tahun 1880-an ini sukses menarik perhatian netizen.

Pengguna Facebook dengan akun bernama Amo la Historia membagikan postingan menarik melalui forum INDONESIA TEMPO DOELOE.

"Sudah sejak lama, berkuda merupakan aktivitas olahraga yang biasa dilakukan oleh kalangan elit. Tak terkecuali di Jawa," tulis pada caption-nya.

Postingan menarik perhatian setelah mengumpulkan 1.200 tanda suka dan dibagikan puluhan kali oleh netizen. Pengguna Facebook tersebut membagikan arsip online yang tersimpan di Leiden University Library.

Lebih dari 1.000 foto mengenai daerah Surakarta tersimpan di Leiden University Library dan Tropen Museum. Sebagian di antaranya menampilkan lingkungan keraton.

Foto wanita berkuda pada tahun 1880-an. (Facebook Amo la Historia via INDONESIA TEMPO DOELOE)

Terdapat puluhan foto mengenai kuda di Surakarta yang tersimpan pada arsip perpustakaan online. Kuda dengan pelana yang dihias biasanya digunakan sebagai kendaraan bangsawan pada era lawas.

Sebagian kuda lain digunakan sebagai sarana pengangkut. Sosok wanita di dalam foto terlihat anggun dengan mengenakan busana Jawa dan topi bergaya Eropa. Banyak netizen yang memuji paras wanita di dalam foto.

Belum diketahui mengenai identitas sang wanita, apakah ia keluarga dari Mangkunegara V atau Mangkunegara VI. Laman Leiden University Libraries sendiri menyebutkan bahwa itu adalah keluarga Mangkunegara VI.

"De Maitresse van Mangkoenegoro VI 'uit de tijd toen hij nog Prang Wedono was' te paard. (Maitresse atau nyonya dari Mangkunegara VI ' sejak masih Prang Wedono' saat menunggang kuda)," bunyi keterangan Leiden University Libraries.

Deskripsi turut menyebutkan bahwa foto direkam pada album antara abad ke-19 dan ke-20, diperkirakan tahun 1887. Postingan foto jadul mengenai sosok wanita yang naik kuda di tahun 1880-an ini memancing beragam komentar dari netizen.

Foto wanita berkuda pada tahun 1880-an. (Facebook Amo la Historia via INDONESIA TEMPO DOELOE)

"Rupawan sekali," puji Oe**r Ba**ie.

"Kalau zaman now mungkin sosialita pada zamannya," balas M**ik Di**i.

"Baju ini kalau dipakai tahun 2022 masih terlihat mewah. Apalagi tahun 1800-an, wah pasti mewah banget," pendapat R**za R**to.

"Aku kok salfok sama cara duduknya. Mungkin dia memang sangat mahir ya," ungkap Ru** Mo**in. Itulah tadi foto jadul wanita naik kuda tahun 1880-an yang menarik perhatian netizen, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Gempa M 6.4 Guncang Yogyakarta, Langsung Diikuti Beberapa Gempa Susulan