Rabu, 24 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Jum'at, 27 Mei 2022 | 10:47 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Banyak foto lawas yang menampilkan warga lokal dengan pakaian tradisional di kesehariannya. Sebuah foto jadul mengenai beberapa wanita berpakaian tradisional di depan rumah pada tahun 1900-an ini menarik perhatian netizen.

Akun fanspage Potret Sejarah Indonesia membagikan foto mengenai beberapa orang wanita yang mengenakan kebaya sembari menatap ke kamera.

"Beberapa wanita mengenakan kain kebaya berpose di depan sebuah rumah di Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara. Sekitar tahun 1900," tulis Potret Sejarah Indonesia pada caption-nya.

Postingan yang dibagikan menarik perhatian setelah memperoleh lebih dari 24 ribu tanda suka dan ratusan komentar dari netizen.

Sebagian di antara mereka nampak memakai jarit batik sebagai bawahan. Mereka juga kompak mengenakan kebaya saat berfoto di depan rumah. Gaya jadul rumah panggung di Minahasa itu turut menarik perhatian netizen.

Foto jadul mengenai wanita berkebaya pada tahun 1900-an di Sulawesi Utara. (Facebook/ Potret Sejarah Indonesia)

Penampilan rumah terlihat sangat sederhana karena terbuat dari kayu. Atap rumah masih terbuat dari anyaman daun. Beberapa foto lawas kerap menampilkan atap rumah yang terbuat dari anyaman daun kelapa atau daun sagu.

Tak sedikit netizen yang memuji gaya berpakaian orang-orang zaman dahulu. Netizen mengungkap bahwa pemandangan foto jadul ini menyiratkan kerukunan dan pakaian anggun pada masanya.

Postingan viral mengenai wanita berkebaya di tahun 1900-an tersebut memancing beragam komentar dari netizen.

"Orang zaman dulu kalau foto memang rapi dan sopan ya. Dandanannya juga sederhana," kata Alexa**er L**san.

Foto jadul mengenai wanita berkebaya pada tahun 1900-an di Sulawesi Utara. (Facebook/ Potret Sejarah Indonesia)

"Sesungguhnya dengan berkebaya kita jadi jauh lebih anggun, meski sebagian tak harus pakai konde. Terlihat santun dan anggun. Senang banget lihatnya," komentar Wid**ti.

"Sejak dulu Minahasa akrab dengan rumah pangung. Di bawah kolong rumah biasanya digunakan sebagai penyimpanan hasil Bumi," pendapat Ic** Co**nda.

"Sederhana tapi penuh makna. Mereka kelihatan rukun, jadi adem dipandang," balas Y**ia*a.

"Betapa bagusnya pakaian gadis zaman dulu. Nggak kayak sekarang, gadis banyak yang kekurangan kain. Pakaian bolong sana-sini (emoticon tertawa)," ungkap Yon**x Y*n. Itulah tadi foto jadul wanita berkebaya pada tahun 1900-an yang menarik perhatian netizen, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Viral Video Mahasiswi KKN yang Diusir Warga Akhirnya Minta Maaf, Malah Kena Nyinyir Netizen