Senin, 29 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Minggu, 29 Mei 2022 | 15:37 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Masih banyak pohon berukuran raksasa di tepi jalan yang nampak pada dokumen foto jadul. Sebuah foto lawas mengenai kondisi jalan di Pasuruan pada tahun 1890-an ini berhasil menarik perhatian netizen.

Akun Facebook bernama Abdi Dinata membagikan foto jadul melalui forum INDONESIA TEMPOE DOELOE. Pengguna Facebook tersebut sebenarnya membagikan ulang arsip online yang tersimpan di KITLV Leiden.

Penampakan jalan di Sumatera dan Jawa pada puluhan hingga lebih dari 100 tahun lalu tersimpan di Tropen Museum dan Leiden University Libraries.

"Grote Postweg bij Pasoeroean. (Jalan Raya Pos di Pasuruan)," tulis Leiden University Libraries pada laman resminya. Terdapat keterangan "Circa 1890s" yang berarti bahwa foto tersebut diambil pada kisaran tahun 1890-an.

Jalan Raya Pos atau Grote Postweg (disebut juga Jalan Daendels) merupakan sebuah jalan yang membentang sepanjang 1.000 kilometer dari Anyer di Banten hingga Panarukan, Jawa Timur.

Jalan di Pasuruan sekitar tahun 1890-an. (Leiden University Libraries via Facebook)

Dikutip dari Wikipedia, Jalan Raya Pos dibangun atas perintah Gubernur Jenderal Hindia Belanda yang ke-36, Herman Willem Daendels (m. 1808-1811) sebagai salah satu langkahnya dalam memodernisasi Jawa terutama dalam bidang pertahanan dan pemerintahan.

Jalan tersebut lantas lebih banyak dimanfaatkan untuk mengangkut hasil bumi dan pos komunikasi karena dapat mempersingkat lama pengiriman surat. Foto jadul jalan di Pasuruan pada 1890-an membuat netizen menyoroti pohon-pohon besar di sekitarnya.

Tiga orang berpakaian tradisional dan berjarit batik nampak sangat kecil jika dibandingkan dengan pohon raksasa di samping mereka.

Jalan di Pasuruan sekitar tahun 1890-an. (Leiden University Libraries)

Tak sedikit netizen menilai bahwa kondisi jalan saat itu pasti sejuk karena terdapat banyak pohon. Selain itu, netizen turut menyoroti aura horor dari pohon super besar ini. Foto jadul jalan di Pasuruan pada tahun 1890-an memancing beragam komentar dari netizen.

"Jiwa rebahanku meronta-ronta. Andai di bawah pohon itu dikasih balai buat tiduran..wkwk," kata G*s P**.

"Zaman segitu pohonnya masih gede-gede ya. Pasti banyak penampakan. Sayang belum ada horror vlogger," ungkap M**ta**m.

Foto jadul jalan di Pasuruan sebelum tahun 1938. (Tropen Museum)

"Jalan zaman dulu pasti sejuk banget," pendapat De** Sa*t**a.

"Pantes kakek dulu sering cerita di jalan banyak wewe gombel. Lah pohonnya aja segede ini," kenang He** Wahy**i.

"Diameter batang pohonnya menakjubkan," komentar Ad**a Var**ka. Itulah tadi foto jadul jalan di Pasuruan pada tahun 1890-an yang menarik perhatian netizen, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Netizen Tuding Dirinya Terkena Star Syndrome, Begini Respons Inara Rusli