Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 31 Mei 2022 | 18:24 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Blibli berkolaborasi dengan JumpStart dalam menghadirkan pengalaman berbelanja omnichannel malalui Smart Vending Machine. Melalui kolaborasi ini dipasarkan berbagai produk UMKM Indonesia.

Jumlah UMKM yang beralih ke bisnis online mengalami lompatan besar dalam dua tahun terakhir. Menurut data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia (Kemenkop UKM RI), jumlah UMKM yang masuk ke ekosistem digital mencapai 19 juta–meningkat hampir 130% setelah pandemi–dengan target 30 juta UMKM onboarding digital pada 2024.

Berdasarkan survey yang dilakukan oleh BCG dan Kompas pada tahun 2021, 74% UMKM sudah mengetahui e-commerce akan tetapi baru 20% yang fasih dalam menggunakannya.

Melihat fenomena tersebut, Blibli berkolaborasi bersama JumpStart meluncurkan vending machine cerdas pertama di Indonesia yang khusus menjual produk UMKM.

Smart Vending machine ini menjadi platform terbarukan bagi para pelaku UMKM untuk memperluas pemasaran, promosi, dan distribusi produk dengan lebih efisien secara omnichannel.

Pelanggan bisa menikmati pengalaman baru dalam membeli produk-produk lokal terbaik yang lebih mudah dengan mengunjungi unit-unit vending machine cerdas yang berada di Grand Indonesia, Jakarta.

Upaya kolaboratif antara Blibli dan JumpStart pun mendapat apresiasi dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia.

"Kami melihat bahwa sinergi lintas industri, khususnya di sektor digital, makin dibutuhkan guna meningkatkan kapabilitas UMKM di kanal online. Maka dari itu, kami mengapresiasi inisiatif dari Blibli dan JumpStart dalam memberikan dukungan peningkatan kapasitas hingga pemasaran terhadap produk-produk UMKM yang kini kian berkualitas. Kami berharap, sinergi ini dapat memberikan manfaat nyata yang berkelanjutan bagi UMKM sekaligus menginspirasi para pelaku industri lainnya untuk bergandengan tangan mendukung kemajuan UMKM yang merupakan agen kebangkitan ekonomi nasional," ujar Teten Masduki, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah.

Tentang kolaborasi Blibli dan JumpStart

Edward Kilian S., CMO Blibli mengatakan bahwa Blibli berkomitmen untuk terus memperluas akses akan produk-produk UMKM terdepan bagi pelanggan, dan kolaborasi ini menjadi wujud nyata dari komitmen tersebut.

"Blibli dan JumpStart sebagai perusahaan teknologi memiliki kesamaan visi dalam mendorong pertumbuhan UMKM Indonesia, dengan ekosistem yang lengkap kolaborasi ini menghadirkan dukungan teknologi, mengakselerasi tingkat adopsi kanal bisnis terkini, khususnya omnichannel yang lebih terintegrasi. Upaya ini sekaligus menegaskan semangat kolaborasi Blibli dalam memajukan UMKM secara berkelanjutan bersama para pemangku kepentingan lainnya." ungkap CMO Blibli.

Sementara itu, Brian Imawan, CEO Jumpstart mengatakan, "JumpStart dan Blibli sama-sama memiliki ekosistem teknologi mumpuni, sehingga kami menatap optimis kolaborasi ini yang diharapkan dapat mendukung digitalisasi produk lokal dan UMKM Indonesia sekaligus menumbuhkan semangat kebanggaan akan produk lokal di hati masyarakat. Dengan penyebaran 1000 vending machine di Jabodetabek, JumpStart akan mengisi beberapa slot pada tiap vending machine untuk produk UMKM binaan Blibli, harapannya  semoga, vending machine ini dapat menjadi solusi bagi para pelaku UMKM dalam meningkatkan awareness, mencapai target pasar, hingga memperkuat product showcase dengan lebih efisien."

Pada kerja sama ini, Blibli telah menggandeng 36 UMKM untuk menghadirkan 180 varian produk lokal terbaik yang bisa langsung didapat pelanggan di vending machine inovatif yang disediakan oleh JumpStart.

Blibli pun memaksimalkan jangkauannya yang luas terhadap para pelaku UMKM di Indonesia untuk melakukan kurasi terhadap produk-produk yang ditawarkan untuk menjamin kualitas barang yang diterima oleh pelanggan.

Untuk memperkenalkan vending machine inovatif ini ke masyarakat luas, Blibli dan JumpStart menyelenggarakan kegiatan Locale Pop Up yang akan berlangsung di Grand Indonesia hingga 12 Juni 2022 mendatang. Di sini, pengunjung bisa melakukan pembelian produk-produk UMKM di empat vending machine pertama yang tersedia.

"Ke depan, Blibli akan mengajak lebih banyak mitra UMKM kami untuk bergabung dalam inisiatif bersama JumpStart dan menyediakan lebih banyak varian produk terbaik di vending machine inovatif ini. Kami pun sangat terbuka untuk menjalin sinergi jangka panjang bersama JumpStart agar manfaat dari inisiatif ini bisa dirasakan oleh UMKM secara lebih luas. Blibli juga berkomitmen untuk terus membuka pintu kolaborasi bersama pemangku kepentingan lainnya dan mengembangkan lebih solusi inovatif bagi UMKM demi memperkuat upaya kami dalam memberdayakan dan memajukan para pelaku UMKM secara berkelanjutan," tutup Edward.

BACA SELANJUTNYA

Blibli Catat Peningkatan Tren Belanja untuk Penuhi Quality Time Bersama Keluarga