Jum'at, 03 Mei 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Selasa, 14 Juni 2022 | 17:33 WIB

Hitekno.com - Setiap periode biasanya memiliki gaya yang cukup khas pada masanya. Sebuah foto jadul mengenai gadis yang berjalan di pinggir jalan ini sukses menarik perhatian netizen.

Akun fanspage Potret Sejarah Indonesia membagikan foto lawas yang memperlihatkan keadaan trotoar di Jawa Barat. Kita bisa melihat gadis berpenampilan modis yang berjalan di pinggir jalan.

"Dua orang gadis berjalan di sebuah trotoar pertokoan, Jawa Barat, Indonesia. Sekitar tahun 1947," bunyi keterangan pada foto. Akun Potret Sejarah Indonesia membagikan ulang sebuah arsip foto lawas yang tersimpan di Nederlands Fotomuseum.

Foto jadul menampakkan dua gadis dengan model rambut dikepang. Netizen menyoroti gaya rambut yang cukup legendaris pada puluhan tahun lalu. Banyak foto jadul memperlihatkan gadis dengan model rambut kepang dua.

Suasana jalan pada foto jadul ini sangat sepi. Hanya ada satu pemotor yang lewat pada jalan tersebut. Kita juga dapat menyaksikan sebuah sepeda onthel yang terparkir di pinggir jalan.

Foto gadis di pinggir jalan pada tahun 1940-an. (Nederlands Fotomuseum)

Foto jadul lain yang tersimpan di Nederlands Fotomuseum banyak menampilkan gadis yang menjadi siswi di Sekolah Kepandaian Poeteri atau Sekolah Kepandaian Putri.

Kita bisa melihat beberapa gadis bersekolah dengan rambut panjang yang dikepang. Sebagian di antaranya memiliki rambut hitam dengan gaya cukup khas.

Gaya rambut yang dikepang turut ditemukan pada foto lawas periode 1960-an. Foto jadul mengenai gadis di pinggir jalan pada tahun 1940-an ini berhasil viral setelah memperoleh 11 ribu tanda suka dan ratusan komentar dari netizen. Unggahan tersebut memancing beragam komentar dari pengguna Facebook.

Foto gadis di pinggir jalan pada tahun 1940-an. (Nederlands Fotomuseum)

"Gadis dengan rambut kepang dua. Cantik, dan manis," kata Ma** Ra**l.

"Baju crop sudah ada sejak zaman dulu dan sekarang booming lagi," komentar Ag**ia Sh**ueen.

"Rambut kepang dua. Gayanya khas gadis-gadis tempo dulu," pendapat Ju**a Is**epadmi.

Foto siswi tahun 1947. (Nederlands Foto Museum via Facebook Indonesia Tempoe Doeloe)

"Tempatnya terlihat bersih. Baju yang dikenakan gadis itu sangat fashionable," puji Ik* Ni**sih.

"Sangat menenangkan jiwa. Tempat zaman dulu belum bising dan polusi udaranya," ungkap Ta**din. Itulah tadi foto jadul yang menampakkan gadis di pinggir jalan pada tahun 1940-an, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Viral Pasutri Curi 5 Ponsel Milik Pengunjung PRJ, Endingnya Ketahuan dan Ditangkap Polisi