Kamis, 28 Maret 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Sabtu, 18 Juni 2022 | 15:06 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Iklan jadul dapat menyuratkan kendaraan atau tempat mewah yang pernah populer pada zamannya. Sebuah iklan lawas yang mempromosikan rumah di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan ini berhasil menarik perhatian netizen.

Akun Facebook Potolawas membagikan postingan menarik melalui forum Indonesia Tempo Doeloe.

"Iklan penjualan rumah di Pondok Indah, Jakarta, sekitar tahun 1979. Waktu itu harga rumah di Pondok Indah berapa ya?" tulis Potolawas pada caption-nya. Kita bisa melihat sebuah iklan dengan bahasa pemasaran yang cukup bagus pada zamannya.

Perusahaan yang memasarkan rumah Pondok Indah itu mengklaim bahwa mereka menawarkan lingkungan nyaman. Terdapat tiga tipe rumah yang ada pada iklan yaitu Rumah Mungil, Rumah Elok, dan Rumah Indah.

"Bangunlah masa depan anak Anda di Pondok Indah! Lingkungan yang sehat dan sarananya lengkap. Berilah putra-putri Anda lingkungan hidup yang terbaik! Berilah mereka Pondok Indah! Pondok Indah menyediakan lingkungan sehat bagi pertumbuhan mereka. Tersedia aneka sarana bermain, berolahraga dan alam terbuka yang selalu segar dan akrab. Pondok Indah adalah sarana investasi yang terbaik bagi masa kini dan masa depan putra dan putri Anda," bunyi kalimat promosi dari perusahaan.

Iklan jadul rumah di Pondok Indah pada tahun 1979. (Facebook Potolawas via forum Indonesia Tempo Doeloe)

Calon konsumen yang membeli rumah bakal memperoleh bonus pemanas air dan sebuah lemari es bermerek National. Banyak netizen membahas mengenai prediksi harga rumah Pondok Indah di tahun 1979.

"Harganya Rp 60 juta. Gaji PNS golongan 3 waktu itu Rp 12 ribu," kata akun Facebook bernama Ridwan Sonda. Prakiraan dari netizen mengenai harga puluhan juta cukup masuk akal.

Pada iklan lawas yang pernah dimuat pada surat kabar di tahun 70-an dan 80-an, harga rumah di Jakarta dibanderol sekitar puluhan juta rupiah.

Beberapa tempat yang dipamerkan termasuk Puri Indah, Pluit Mas, Pantai Mutiara, Citra Garden, Taman Kebon Jeruk, Bintaro Jaya, Japos Ciledug dan lain-lain.

Iklan jadul rumah di Pondok Indah pada tahun 1979. (Facebook Potolawas via forum Indonesia Tempo Doeloe)

Foto tersebut merupakan iklan yang terpasang pada koran harian periode 1980-an dan 1990-an. Iklan yang cukup besar menampilkan "Kota Satelit Baru Bintaro Jaya" pada periode 1987 dan 1988.

Luas bangun lebih dari 150 meter persegi saat itu dibanderol Rp 50 jutaan. Harga rumah di Puri Indah, Jakarta Barat dibanderol mulai Rp 40 juta hingga Rp 50 jutaan pada tahun 1980-an. Unggahan iklan lawas ini memancing beragam komentar dari netizen.

"Tahun 90-an, kawasan PI diibaratkan Beverly Hills-nya Indonesia. Makanya dulu ada sinetron Pondok Indah," kata Ir**n.

Harga rumah di iklan jadul 1980-an dan 1990-an ini menarik perhatian netizen. (Instagram/ perfectlife.id)

"Berapa pun harga saat itu, rumah di sana harganya tetap sultan," balas Zenn**din Ru**am.

"Wah kalau benar Rp 60 juta berarti harganya 5.000 kali gaji PNS zaman itu," komentar Ad* Nug**ho.

"Pondok Indah naik pamor karena ada turnamen golf bergengsi. Sebelum ada turnamen, cuma sedikit yang mau beli karena perkebunan karet banyak rayap," pendapat Fran**e S**ka. Itulah tadi iklan jadul rumah di Pondok Indah yang menarik perhatian netizen, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Gempa M 6.4 Guncang Yogyakarta, Langsung Diikuti Beberapa Gempa Susulan