Sabtu, 20 April 2024
Agung Pratnyawan : Senin, 20 Juni 2022 | 18:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Siapa sangka Google bangkrut di Rusia bahkan sampai tak bisa membayar karyawannya di negara tersebut. Perusahaan raksasa internet ini telah mengajukan bangkrut ke pemerintah Rusia.

Dilaporkan Suara.com, Google bangkrut di Rusia usai pemerintah negara tersebut membekukan rekening bank mereka.

Pembekuan rekening bank ini berujung Google tidak bisa membayar karyawannya di Rusia.

Hal ini diberitakan oleh media lokal Rusia, Interfax, yang melaporkan kalau Google mengajukan bangkrut ke Pengadilan Moskow pada Kamis lalu.

Ini jadi pengajuan kedua setelah 18 Mei kemarin, di mana Google LLC juga menyatakan bangkrut ke pengadilan.

"Penyitaan rekening bank Google Rusia oleh otoritas Rusia telah membuat kantor kami di Rusia tidak dapat berfungsi, termasuk mempekerjakan dan membayar karyawan yang berbasis di Rusia, membayar pemasok dan vendor, serta memenuhi kewajiban keuangan lainnya," kata juru bicara Google pada 18 Mei lalu, dikutip dari CRN, Senin (20/6/2022).

Google LLC sendiri sudah terdaftar di Rusia sejak 2005 lalu. Di akhir 2021, perusahaan membukukan pendapatan sebesar 134,3 miliar Rubel atau Rp 35 triliun.

Ilustrasi logo Google. (Pixabay)

Di tahun yang sama, Google juga membukukan kerugian bersih 26 miliar rubel atau Rp 6,7 triliun. Angka ini dianggap sebagai kerugian terbesar perusahaan sejak 2009.

Selama 2022, Google juga dianggap mengalami masa sulit di Rusia.

Media lokal TAdviser mengatakan kalau Google didenda tiga kali dengan total 30 juta Rubel, setara Rp 7,8 miliar, oleh pemerintah Rusia karena tidak menghapus informasi terlarang.

Google juga didenda 1 miliar Rubel (Rp 262 miliar) ke TV Tsargrad karena memblokir channel-nya di Google dan YouTube, 500 juta Rubel (131 miliar) atas gugatan dari NTV, dan 1 miliar Rubel (Rp 262 miliar) karena seteru dengan otoritas TV dan Radio Rusia.

Itulah laporan terkini dari kabar Google bangkrut di Rusia gegara rekening bank mereka dibekukan pemerintah. (Suara.com/ Dicky Prastya).

BACA SELANJUTNYA

Ngotot Minta WFH, Karyawan Google Ancam Walkout!