Rabu, 24 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Kamis, 23 Juni 2022 | 17:10 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Kemerdekaan Indonesia diraih dengan harga mahal karena para pejuang tak jarang harus mempertaruhkan nyawa. Sebuah foto jadul mengenai penampakan pejuang di tahun 1940-an ini berhasil menarik perhatian netizen.

Akun fanspage Facebook Potret Sejarah Indonesia membagikan foto lawas mengenai pejuang kemerdekaan di tahun 1947.

"Pejuang kemerdekaan dari pasukan BKR (Badan Keamanan Rakyat) di Bondowoso, sekitar tahun 1947," bunyi keterangan di dalam foto.

Postingan tersebut merupakan unggahan ulang sebuah arsip dari Nationaal Archief. Kita dapat melihat seorang pejuang yang memakai peci dengan syal putih di bagian leher.

Ia berdiri sembari menenteng senjata. Sorot matanya terlihat sangat tajam. Beberapa orang berpeci nampak berada di sekitarnya.

Foto jadul pejuang di tahun 1940-an. (Nationaal Archief via Facebook Potret Sejarah Indonesia)

Dikutip dari Wikipedia bersumber pada buku berjudul "Sejarah TNI Jilid I", TNI pada awalnya merupakan organisasi yang bernama Badan Keamanan Rakyat (BKR).

Indonesia memang sudah merdeka pada tahun 1945. Namun para pejuang masih harus membela Tanah Air karena terdapat Agresi Militer Belanda di tahun 1947 dan 1948.

Foto jadul lain pernah menampakkan para pejuang Tanah Air dengan pakaian sederhana dan alat tempur seadanya. Meski seragam dan pakaian mereka nampak sederhana, banyak netizen yang memuji serta berterima kasih kepada para pejuang.

Foto jadul pejuang di tahun 1940-an. (Nationaal Archief via Facebook Potret Sejarah Indonesia)

Beberapa di antara mereka cukup muda dan bahkan memakai celana pendek. Postingan foto jadul ini memancing beragam komentar dari netizen.

"Terima kasih pahlawanku, engkau telah berjuang mempertahankan kemerdekaan untuk rakyat," kata In**h Af**ndi.

"Wajah pejuang kita garang dan sangar. Saya bangga menjadi warga Bondowoso. Salam persatuan dan kesatuan," ungkap A**ez M**nk.

Foto jadul tentara Indonesia tahun 1940-an ini menarik perhatian netizen. (Instagram/ potolawas)

"Salam hormat sang peci hitam pejuang bangsaku," komentar Var**nt*.

"Ternyata para pejuang dulu banyak dari kalangan santri atau pesantren," tulis Ha**n B**.

"Mereka berjuang dengan ikhlas, nyawa menjadi taruhan. Semoga mereka ditempatkan di surga..aamiin," doa Fad**li. Itulah tadi foto jadul pejuang Indonesia di tahun 1940-an yang menarik perhatian netizen, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Viral Video Mahasiswi KKN yang Diusir Warga Akhirnya Minta Maaf, Malah Kena Nyinyir Netizen