Jum'at, 29 Maret 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Jum'at, 24 Juni 2022 | 10:20 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Rumput liar tentu harus dibersihkan secara berkala agar tak memenuhi halaman luar. Deretan rumah yang sudah dipenuhi rumput liar ini sukses bikin netizen salfok.

Pengguna TikTok dengan akun bernama @kopisusudongsatu membagikan video saat ia melewati banyak rumah.

"Ada yang tahu ini di mana?" tulis @kopisusudongsatu pada caption-nya. Postingan video yang dibagikan berhasil viral setelah ditonton lebih dari 10 juta kali dan memperoleh 840 ribu tanda suka.

Kita bisa melihat beberapa rumah dalam kondisi tak terurus. Terdapat banyak rumput ilalang berukuran besar yang menghiasi bagian depan.

Dilihat secara kesuluruhan, deretan rumah ini sebenarnya sangat bagus. Meski begitu, rumah terlihat cukup mencekam karena tak terurus.

Rumah di desa ini bikin netizen salfok. (TikTok/ @kopisusudongsatu)

Kita dapat menyaksikan banyak genteng rumah yang mulai berlubang. Terdapat salah satu rumah yang atap dan dindingnya sudah dihiasi dengan beragam tumbuhan liar.

Video ini rupanya direkam di Desa Berastepu, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Itu adalah "desa mati" karena penduduknya sudah meninggalkan tempat tersebut. Mereka terpaksa meninggalkan desa ini untuk menghindari erupsi Gunung Sinabung.

"Iya benar, di Desa Berastepu. Sebelumnya ada Desa Gamber, tepat di bawah kaki Gunung Sinabung. Nah kenapa kayak kota mati atau sepi? Ya karena mereka adalah salah satu desa yang terkena dampak erupsi Gunung Sinabung pada tahun 2013. Jadi sudah nggak ditempati lagi. Penduduk telah diungsikan atau direlokasi ke tempat lebih aman. Jadi nggak ada penghuninya lagi guys. Pas aku lewat sana, ada sekitar 200-an rumah yang sudah benar-benar tak bisa ditempati lagi. Rumah tidak terawat, bahkan ada yang roboh karena tidak ditinggali pemiliknya bertahun-tahun," kata pemilik akun @kopisusudongsatu. Unggahan video viral ini memancing beragam komentar dari netizen.

Rumah di desa ini bikin netizen salfok. (TikTok/ @kopisusudongsatu)

"Ketika alam sudah mengambil kembali tempatnya," kata @In**uke.O**icial_.

"Nggak kebayang sama memori yang sudah mereka alami atau kisah kasih teman-teman mereka. Kalau akhirnya harus pisah," balas @nuar**ni_r**f.

"Sayang banget, padahal rumahnya bagus-bagus (emoticon menangis)," tulis @ft*_tae**ung.

Rumah di desa ini bikin netizen salfok. (TikTok/ @kopisusudongsatu)

"Itu kalau malam gimana ya, pasti horor," ungkap @ke**ang*d.

"Kalau lewat sini bawaannya sedih. Kampungku di Berastepu (emoticon menangis)," kenang @dwip**tri**tepu. Postingan video viral mengenai pemadangan di desa mati tersebut bisa dilihat melalui LINK INI. 

BACA SELANJUTNYA

Viral Video Mahasiswi KKN yang Diusir Warga Akhirnya Minta Maaf, Malah Kena Nyinyir Netizen